Ilustrasi_transformasi_ilmu

Pembelajaran

Transformasi Ilmu: Istilah Untuk Kegiatan Belajar Mengajar

Apakah yang dimaksud dengan transformasi Ilmu? Selama perkuliahan atau pendidikan calon guru, tentunya istilah ini adalah istilah yang kerap sekali diperdengarkan. Transformasi ilmu adalah istilah yang tidak asing lagi ditelinga seorang guru atau bahkan calon guru.

Sejatinya, transformasi ilmu memiliki makna yang cukup luas. Namun dalam aspek pendidikan dan pembelajaran, ia memiliki nilai tersendiri yang terkandung di dalamnya. Mari simak penjelasan selengkapnya untuk informasi lebih lanjut.

Makna Transformasi Ilmu

Apasih yang dimaksud dengan transformasi ilmu itu? Apakah hanya dengan memaknai istilahnya saja, sudah dapat menjelaskan tentang ini? Sederhananya, Transformasi Ilmu adalah aktivitas transfer ilmu antara satu orang (pemilik ilmu), dengan orang lain (penerima ilmu).

transformasi_ilmu_syarif_ar_rasyid

Melalui KBBI Online, Transformasi berarti perubahan dalam bentuk rupa, sifat, fungsi, dan lain sebagainya. Jadi dapat dimaknai secara sederhana bahwa transformasi adalah proses dimana penyampaian sesuatu untuk perubahan tertentu baik perubahan dalam bentuk, rupa, sifat, fungsi, atau yang lainnya.

Sementara Ilmu, dapat dimaknai dengan pengetahuan atau pemahaman atas sesuatu melalui teori-teori yang telah disepakati dalm bidang tertentu.

Jadi, transformasi ilmu adalah upaya menciptakan aktivitas penyampaian pengetahuan untuk mendapatkan pemahaman terhadap teori-teori dalam bidang tertentu. Ini berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Metode Transformasi Ilmu

Era modern ini, memberikan banyak sekali bentuk pilihan yang dapat digunakan oleh para praktisi pendidikan seperti guru dalam melakukan transformasi ilmu. Seperti defenisi sebelumnya, transformasi ilmu akan dilakukan hanya melalui kegiatan pembelajaran tatap muka. Tetapi, kini semua mulai berubah dan bertambah.

1. Metode Tatap Muka

Metode ini adalah hal yang paling sering dijumpai, dan sudah diterapkan sejak dahulu kala. Pembelajaran itu dilangsungkan dengan tatap muka, yakni adanya pertemuan antara guru dan siswa dalam satu tempat (wadah) tertentu dalam penyampaian materi pelajaran.

2. Metode Dalam Jaringan

Tidak disangka, 2020 menjadi tahun dimulainya istilah Dalam Jaringan secara nasional. Mengapa demikian? Tahun ini adalah tahun pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, bahwa proses pembelajaran akan dilangsungkan dengan metode daring (Dalam Jaringan).

Secara teknis, kegiatan pembelajaran dalam daring hampir serupa dengan sebagaimana biasanya. Tetapi, yang menjadi letak pembeda adalah lokasi “NYATA” dari aktivitas itu sendiri.

Bila itu dilakukan dalam Jaringan, maka keadaan yang sebenarnya tidak akan terlihat secara kasat mata oleh orang-orang diluar sana. Karena, mereka melaksanakan pembelajaran melalui koneksi internet (jaringan) yang menghubungkan antara satu dengan yang lainnya.

2 pemikiran pada “Transformasi Ilmu: Istilah Untuk Kegiatan Belajar Mengajar”

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

  1. Numpang tanyak pak,
    Apakah transformasi ilmu itu hampir sama dengan proses belajar mengajar?
    Terimakasih atas jawabannya.

    Balas
    • Hi Negeri Cara…
      Transformasi Ilmu dapat dikatakan sebagai pemberian ilmu, atau transfer of knowledge yang juga merupakan bagian dari proses pembelajaran.

      Istilah pembelajaran lebih dimaknai secara kompleks, sedang transformasi ilmu hanyalah penyampaian informasi berupa keilmuan untuk bidang tertentu.

      Jadi, ini sebenarnya lebih spesifik bila dibandingkan dengan pembelajaran, meski keduanya dalam aspek yang sama.

      Balas

Tinggalkan komentar