Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus Untuk Blog

Domain adalah salah satu elemen penting dalam dunia internet, terlebih lagi bila itu digunakan dalam bisnis atau blog. Oleh karenanya, Anda semestinya mempelajari tentang tips memilih nama domain yang bagus. Sebab, domain juga dapat dijadikan sebagai branding yang tentunya berpengaruh penting bagi perkembangan bisnis Anda.

Halaman ini, akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana menentukan nama domain yang bagus untuk perkembangan situs web Anda. Beberapa hal yang akan kita pelajari disini, seperti:

  • Pemahaman tentang domain
  • Tips memilih nama domain yang bagus
  • Dampak positif dari pemilihan nama domain
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini hingga usai.

Pemahaman Tentang Domain

Apasih yang dimaksud dengan domain itu? Hal ini pada mulanya telah dijabarkan pada postingan tentang pengertian domain. Anda dapat menjelajah disana, untuk menemukan informasi yang lebih mendalam.

Tetapi pada halaman ini dibutuhkan penjelasan secara umum, agar informasi ini dapat tersampaikan dengan sempurna.

Domain adalah nama unik dalam internet yang menjadikan pembeda antara alamat satu dengan alamat lainnya. Domain, sering diilustrasikan sebagai nama jalan. Itu artinya, ketika orang-orang membuka sebuah istilah dengan domain di internet, maka mereka akan diarahkan pada tampilan halaman pada domain tersebut.

Nama domain, adalah bagian yang terlihat pada hasil pencarian. Oleh karenanya, nama domain sering dikaitkan dengan branding. Dengan begitu, maka semestinya hal ini menjadi pokok penting dalam peluncuran situs web berbasis bisnis yang ada, karena orang-orang akan mengingatnya.

Alasan ini, menjadi begitu penting untuk selanjutnya mengetahui tentang tips memilih nama domain yang bagus. Mari kita simak selengkapnya.

Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus

Bagaimana nama domain yang bagus itu? Apakah ia sekedar memberikan istilah yang asing dan sulit dipahami oleh orang banyak, atau dengan padanan karakter yang singkat?

Saya merekomendasikan beberapa hal yang penting disini. Adapun berbagai rekomendasi itu, akan dijabarkan pada bagian berikut ini.

1. Istilah Yang Mudah Dipahami

Tips pertama, gunakan istilah yang mudah dipahami. Dengan ini, orang-orang akan jauh lebih mudah untuk mengingat, dan memungkinkan mereka untuk kembali lagi ke situs blog di masa mendatang.

Ini benar-benar memberikan pengaruh penting. Mengapa? Untuk menjawab ini, Saya menarik pada diri sendiri, dimana Saya mengingat beberapa domain dari situs web yang populer untuk mencari sesuatu disana.

Itu tentang apa yang Saya butuhkan, seperti GTMetrix.com, atau ahrefs.com, dan masih banyak lagi situs web populer yang menggunakan istilah yang mudah dipahami. Jadi, ambil bagian ini untuk nama domain Anda.

2. Istilah Singkat

Hal ini sebenarnya kembali pada opsi, dimana pemilik dapat menggunakan nama domain yang bagaimanapun. Namun sebagai rekomendasi, Saya menyarankan untuk menggunakan istilah yang singkat. Mengapa?

Umumnya, orang-orang jauh lebih mudah mengingat dengan istilah yang singkat. Oleh karenanya, ini memungkinkan mereka untuk dapat berkunjung dan kembali ke situs blog Anda kapanpun mereka memiliki waktu luang.

Contoh dari ini adalah perusahaan Google sendiri. Istilah GOOGLE hanya terdiri dari enam kata. Itu artinya, istilah ini bukanlah istilah yang sulit untuk diingat, dan mungkin karena itu pula Anda mampu mengingatnya kapanpun.

3. Hindari Karakter Tidak Perlu

Meski Saya tidak pernah mencoba untuk menggunakan karakter khusus dalam domain Saya, atau Saya juga belum pernah melihat nama situs web yang berisi karakter khusus disana, namun dirasa informasi ini penting untuk disampaikan sebagai pengingat kembali.

Pada dasarnya, Saya tidak tahu apakah karakter khusus diizinkan untuk digunakan dalam domain, atau tidak. Tapi, biarkan Saya menjelaskan ini dengan lugas.

istilah khusus merupakan istilah yang sangat asing bagi setiap orang. Asing disini maksudnya adalah dalam domain dan branding. Cukup aneh menurut Saya, bila sebuah nama branding melibatkan karakter khusus disana (meski Saya tidak pernah melihat itu).

Jadi, hindari karakter khusus untuk membantu fungsionalitas situs blog Anda.

Kesimpulan

Ada banyak sekali tips memilih nama domain yang bagus untuk situs blog atau bisnis Anda. Namun, meski menentukan nama domain adalah hal yang sepenuhnya berpihak pada Anda, pastikan tidak mengabaikan beberapa hal mendasar yang telah dituliskan tadi.

Domain kerap dikaitkan sebagai branding, karena ini nantinya akan terlihat dan diingat oleh orang banyak (terlebih lagi bila situs web berisi informasi berarti bagi mereka). Jadi, pertimbangkan berbagai hal seperti istilah yang mudah diingat, istilah singkat, atau lain sebagainya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah ada rekomendasi lain tentang ini? Beritahu Saya melalui kolom komentar.

Tinggalkan komentar