Link Building: Ciptakan Halaman Berkualitas

SEO

Link Building kerap sekali menjadi perhatian bagi para praktisi SEO. Sebab, Saya biasanya menggunakan logika bahwa internet adalah tautan. Maka, tautan yang baik bagian dari penilaian kualitas sebuah halaman. Berada disini, kita akan mengulas lebih dalam tentang Link Building. Mari ikuti lebih lanjut.

Pengertian Link Building

Yang pertama dan seharusnya kita pahami adalah tentang pengertian Link Building itu sendiri. Ini merupakan modal awal dan terbesar bagi kita, sebelum melaksanakan praktik apapun.

Link Building merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna membangun tautan. Itu artinya, hal ini akan membuat langkah-langkah tertentu, untuk membangun tautan antar halaman di dalam sebuah blog.

Jadi, dari pengertian tersebut dapat kita pahami bahwa Link Building adalah membangun tautan antar halaman yang ada dalam sebuah blog dan biasa disebut sebagai internal link.

Tujuan Link Building

Sekarang saatnya, kita mengetahui tentang tujuan Link Building itu sendiri, sebelum memutuskan untuk membangun halaman dengannya. Adapun tujuan umum, yaitu membangun On Page SEO dalam halaman Blog.

Link Building adalah aktivitas menyatukan atau membuat antar halaman menjadi saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Ini semua dibangun berdasarkan tautan, dimana satu halaman akan mengikut atau diikuti dari halaman lainnya.

Secara khusus, tujuan dari Link Building ini adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kinerja SEO
  • Mendapatkan indexing

Kedua tujuan itu, adalah tujuan yang umum dimengerti oleh orang-orang. Sebagai contoh, Crawler Google juga mengerti akan tautan yang berada dalam sebuah halaman, dan akan terus melakukan tugasnya pada halaman yang berisi Link, dan menuju kesana untuk melakukan crawling.

Itu artinya, ketika halaman Anda dibangun berdasarkan Link Building, maka mereka saling terkait. Oleh karenanya, ketika sebuah halaman di Crawl oleh perayap Google, maka itu juga akan mengikuti tautan yang berisi halaman, untuk dirayapi (kecuali Anda menerapkan No-Follow).

Tehnik ini diyakini dapat membangun waktu indexing dalam halaman Anda, terlebih lagi bila itu halaman yang baru saja diterbitkan.

Faktor Penting Dalam Link Building

Membangun Link Building dalam halaman Anda tidak juga bisa dilakukan sembarangan. Alih-alih mendapatkan indexing, halaman akan tidak bernilai.

Adapun yang menjadi faktor penting dalam link Building adalah persoalan relevansi, dan penanda “TAG” dalam link tersebut.

Jangan lupa untuk memberi tanda Follow terhadap halaman Anda di Blog (meski umumnya Follow), ketika Anda bekerja dengan Link Building ini.

Kemudian faktor lain yang penting dalam membangun tautan adalah persoalan relevansi. Semestinya, tautan yang dibangun memperhatikan keterkaitan. Ketika Anda menautkan sebuah teks seperti “Contoh Blog”, maka itu semestinya mengarah pada halaman yang bertanda “Contoh Blog”. Ini tidak hanya berguna bagi pengunjung situs, melainkan juga bermanfaat bagi SEO Anda.

Tinggalkan komentar