Jenis Keyword: 2 Bagian Yang Penting Untuk SEO

SEO

Keyword adalah bagian yang terpenting dalam halaman Anda. Terlebih lagi, bila kita telah mempelajari seputar SEO dan ingin mendapatkan peringkat terbaik dalam sebuah hasil pencarian. Beberapa hal yang akan Anda ketahui disini seperti:

  • Pengantar tentang keyword
  • Jenis-jenis Keyword
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Pengantar Tentang Keyword

Keyword adalah kata kunci, yang merupakan pembangun halaman agar dapat dimengerti oleh para pembaca. Sebuah halaman bila itu tidak dibangun dengan keyword, maka ia tidak akan mencapai tujuan. Ini tidak akan memberikan hasil yang baik bagi sebuah halaman dalam hasil pencarian.

Menentukan keyword, adalah pilihan yang paling diperhatikan, ketika Anda mempelajari persoalan SEO. Ketika halaman Anda menggambarkan tentang sebuah kata kunci tertentu, maka ia akan berguna bagi mesin pencari, dan memungkinkan untuk muncul dalam hasil pencarian.

Jenis Keyword

Sekarang, kita mengulas lebih banyak tentang jenis Keyword. Sebenarnya, Saya tidak menemukan literatur pasti tentang ini. Namun beberapa ahli mengungkapkannya. Sembari dari itu, muncul juga istilah-istilah lain tentang ini, yang lebih spesifik. Tapi disini, yang diuraikan hanyalah bagian yang umum saja.

Ada setidaknya 2 jenis keyword, yaitu Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword. Bila Anda sudah sering mendengar istilah ini, maka bukan sesuatu yang sulit lagi untuk memahami halaman ini. Mari kita ulas satu per satu.

1. Short Tail Keyword

Istilah Short berasal dari bahasa Inggris, yang berarti pendek. Jadi, Short Tail Keyword adalah kata kunci pendek. Maksudnya adalah kata kunci yang berisi dengan jumlah kata yang singkat.

Umumnya, orang-orang mengatakan antara 1-2 kata. Jadi, ketika sebuah keyword berbentuk seperti ini: “Contoh Blog”, maka itu tergolong dengan Short Tail Keyword.

Melihat dari keadaan itu, maka Short Tail Keyword dapat disimpulkan merupakan kata kunci dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Itu karena sudah banyak sekali artikel yang mengulas tentang ini.

Bila tidak percaya, silahkan lakukan pencarian dengan kata kunci itu, dan cari tahu berapa hasil index yang diberikan oleh Google. Saya yakin, itu berada di atas jumlah 100.000 hasil indexing.

Sebenarnya, Saya menyukai bagian ini karena disinilah letak persaingan yang sebenarnya. Itu karena, Anda akan bersaing dengan Blog-Blog besar, yang lebih dulu populer bagi mesin pencari, atau seditaknya memiliki nilai SEO yang baik.

Dengan bersaing diantara Blog-Blog terbaik ini, maka Anda sedikit banyak akan menganalisa pesaing Anda, dan mendapatkan ilmu dari sana.

Tidak ada yang membatasi, apakah Anda blog yang baru muncul, atau Blog yang sudah lama dengan memiliki banyak indexing. Short Tail Keyword, adalah permainan yang hebat bagi Saya.

2. Long Tail Keyword

Dari istilahnya, Long berasal dari Bahasa Inggris, yang berarti panjang. Itu artinya, Long Tail Keyword adalah kata kunci dengan jumlah kata panjang. Orang-orang menyebutnya sebanyak 3-4 / lebih jumlah kata.

Jadi, ketika sebuah kata kunci berbentuk: “Cara Membuat Blog WordPress“. Itu memperlihatkan sebanyak 4 kata, maka ia tergolong sebagai Long Tail Keyword.

Karena jumlah kata yang cukup banyak dan panjang, maka biasanya dia bersifat teknis dan lebih terperinci.

Jadi, ini biasanya membuat hasil pencarian yang lebih sedikit dibandingkan dengan kata kunci Short Tail Keyword.

Asumsinya, bahwa Long Tail Keyword akan memiliki daya saing yang lebih kecil dibandingkan dengan Short Tail Keyword.

Jadi, orang-orang kebanyakan mengambil langkah ini untuk dapat berada dalam peringkat hasil pencarian. Tapi, kata kunci yang lebih rinci semestinya menghasilkan halaman dengan penyajian materi yang lebih rinci pula.

Jika itu persoalan “Cara”, maka halaman Anda akan menjabarkan cara, dan itu akan sulit untuk muncul dalam hasil pencarian defenisi.

Contohnya, katakanlah Anda sekarang menulis artikel tentang cara membuat Blog WordPress. Umumnya, Anda akan menjabarkan sedikit tentang apa itu WordPress bukan?

Tapi, artikel Anda mengulas informasi yang lebih rinci, yaitu tentang cara membuat Blog. Maka ketika orang-orang mencari tentang apa itu WordPress, maka Anda akan sulit untuk muncul disana, meski Anda membahasnya.

Disinilah letak kecanggihan Google, yang hingga kini masih menjadi misteri bagi penulis Artikel dan praktik SEO. Tetapi dasar yang paling besar adalah, tuliskan sesuatu berdasarkan untuk apa halaman Anda. Ketika itu tentang konsep, maka ciptakan konsep disana. Ketika itu tentang cara, maka tuliskan langkah-langkah disana.

Jenis Keyword Terbaik

Lagi-lagi, ini dikembalikan terhadap halaman yang ingin dibangun. Anda ingin membuat halaman tentang apa? Tidak jauh beda dengan apa yang telah dikatakan sebelumnya.

Yang terpenting adalah, fokuslah pada kata kunci Anda. Tentang apa kata kunci Anda itu. Ketika Anda menggunakan kata kunci pendek, maka itu semestinya dapat menyajikan banyak hal di dalamnya.

Sebelumnya, Saya sudah menerbitkan tentang Konten Pilar, sebagai panduan bagi Anda dalam memahami lebih lanjut fungsi dari masing-masing jenis keyword yang kita bahas saat ini.

Secara umum, Saya menggunakan Short Tail Keyword untuk konten pilar, dan menggunakan Long Tail Keyword untuk artike pendukungnya. Gunakan itu dan ciptakan halaman berkualitas dari Blog Anda.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Beberapa pertanyaan terkait topik ini, akan dijabarkan dalam bagian berikut.

Apa Saja Jenis Keyword

Keyword terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword, Keduanya penting untuk diketahui, dan dipraktikkan sesuai dengan panduan yang ada untuk dapat mencapai peringkat terbaik di hasil pencarian.

Apa Itu Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah kata kunci panjang. Maksudnya adalah kata kunci dengan susunan istilah yang panjang. Biasanya, ini terdiri dari 3-4 suku kata atau bahkan lebih.

Apa Itu Short Tail Keyword

Short Tail Keyword adalah kata kunci pendek. Maksudnya adalah kata kunci dengan susunan istilah pendek (hanya beberapa kata). Biasanya, ini berjumlah 1-2 suku kata. Dengan begitu, bagian ini biasanya tergolong sebagai keyword dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Tinggalkan komentar