Mengenal Backlink: Sebuah Istilah Terkait SEO

SEO

Jadi hari ini Anda akan mengetahui tentang apa itu Backlink. Banyak sekali istilah ini dikemukakan oleh para Blogger, dan bukan lagi istilah yang baru.

Disini, kita akan mempelajari tentang:

  • Apa itu Backlink
  • Mengapa ini penting
  • Cara kerjanya
  • Cara membuat backlink
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Apa Itu Backlink

Backlink adalah tautan yang masuk ke sebuah halaman web/ Blog.

Jadi, Kami mendefeniskan backlink sebagai tautan yang masuk dan tidak terbatas pada hal tertentu, apakah itu berasal dari domain yang sama (internal link), atau dari domain yang berbeda.

Jadi, semua tautan yang mengarah pada sebuah halaman Blog, tergolong dalam backlink.

Dari defenisi ini, terlihat cukup jelas bahwa Backlink tidak hanya terbatas pada domain yang berbeda saja, melainkan hal ini juga tergolong pada domain yang sama dalam sebuah halaman Blog.

Manfaat Backlink

Untuk menjelaskan tentang manfaat dari Backlink, sebenarnya dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu manfaat dari sisi Visitor, dan manfaat dari sisi SEO. Mari kita lihat penjelasan berikutnya.

1. Manfaat Backlink dari Sisi Visitor

Backlink biasanya akan terlihat lebih mencolok dengan kombinasi warna tertentu. Biasanya, browser modern (salah satunya Google Chroome) memberikan penilaian terhadap kontras tautan dalam sebuah halaman sebagai faktor SEO mereka.

Karena bentuknya yang biasanya terlihat mencolok, maka ini semestinya sesuatu yang mudah ditemukan oleh pengunjung. Dengan begitu, ini memungkinkan mereka meng-klik tautan itu, untuk mendapatkan informasi tambahan dari halaman yang ada.

Jadi secara umum, salah satu manfaat backlink adalah mendatangkan kunjungan dari Visitor ke sebuah halaman, berdasarkan rujukan halaman tertentu.

2. Manfaat Backlink dari Sisi SEO

Lagi-lagi, semua penuh teka-teki. Tidak ada sesuatu yang pasti dalam praktik SEO. Tapi faktanya, beberapa ahli dalam bidang ini mengemukakan bahwa tehnik Backlink menjadi salah satu tehnik terbaik untuk mendongkrak SEO.

Pasalnya, Google mengatakan bahwa mereka tidak membutuhkan sitemap dalam halaman web, karena mesin perayap (Crawler) mereka akan bekerja dan menjalankan tugasnya untuk merayapi situs web yang saling terhubung.

Salah satu manfaat backlink adalah Indexing yang tentunya terkait persoalan SEO. Anda tidak perlu menggunakan Fatch us URL dalam halaman Google Search Console, ketika Anda sudah menerbitkan sebuah artikel dan itu mendapatkan backlink dari halaman lainnya di blog Anda.

Dengan TAG Follow, ketika salah satu Halaman Anda berhasil dirayapi oleh mesin pencari, maka mereka akan menuju halaman dari setiap Link yang Anda tautkan dalam halaman itu, dan mengerjakan tugasnya kembali disana.

Jadi, ini benar-benar penting untuk praktik SEO dalam sebuah halaman Blog.

Tinggalkan komentar