Artikel SEO: Panduan Penting Untuk Google Ranking 2021

SEO

Artikel SEO, adalah pembahasan yang tiada habis-habisnya. Itu karena SEO adalah permainan yang selalu berubah-ubah. Jadi, ini akan senantiasa diperbaharui, sesuai dengan kebutuhan pada setiap masa.

Dalam bagian ini, Anda akan mengetahui tentang:

  • Apa itu artikel SEO
  • Berbagai manfaat artikel SEO
  • Cara membuat artikel SEO
  • Tantangan dalam pembuatannya
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai.

Apa Itu Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang dioptimalkan untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam hasil pencarian tertentu. Artikel SEO tentu membutuhkan banyak hal teknis yang harus diterapkan dalam halaman itu sendiri.

Diluar sana, akan banyak sekali ditemukan artikel dengan berbagai jenis. Baik berupa artikel perjalanan sehari-hari, artikel tentang ilmu pengetahuan, artikel tentang kesehatan, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga yang menceritakan tentang kegiatan mereka sendiri.

Tetapi, tidak semua artikel mudah untuk dioptimalkan. Oleh sebab itu, penting untuk membangun konsep SEO dalam sebuah halaman blog, bila mengacu pada peringkat hasil pencarian.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti pengoptimalan mesin pencari. Sederhananya, hal ini mengacu pada sesuatu yang dimengerti oleh mesin pencari. Jadi, SEO adalah upaya yang dilakukan terhadap sebuah konten artikel, video, atau yang lainnya agar dapat ditemukan dan mendapat peringkat dalam hasil penelusuran tertentu.

Maka ketika kita berbicara tentang Artikel SEO, maka dapat dimaknai dengan pembuatan artikel yang dapat dimengerti oleh mesin pencari untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam hasil penelusuran tertentu.

Kapan Anda Harus Menciptakannya

Ini semestinya pilihan semata. Terkadang, banyak orang diluar sana lebih memilih menuliskan sesuatu sesuai dengan kehendak mereka. Itu tentunya membuat mereka mengabaikan persoalan SEO.

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, bahwa bila Anda ingin mendapatkan peringkat untuk kata kunci tertentu, maka SEO adalah jalan yang semestinya dilewati. Sebaliknya, bila Anda tidak membutuhkan peringkat untuk hasil pencarian, lupakan persoalan SEO karena Anda tidak membutuhkannya.

Ketika Anda ingin halaman Anda berada dalam pencarian, dan ditemukan oleh banyak orang yang membutuhkan di luar sana, maka Anda harus mengetahui secara teknis tentang detail penggunaan/ penerapan SEO dalam artikel.

Sebagian orang memang tidak membutuhkan pengunjung untuk situs blog mereka. Tetapi bagi sebagian lainnya, mungkin sangat berharap kedatangan visitor dalam jumlah yang banyak, untuk meningkatkan penghasilan mereka seperti Adsense, atau mitra lainnya. Jika Anda ada diposisi ini, maka Anda harus menciptakan itu sekarang, dan dapatkan kunjungan yang berlimpah ruah.

Sekarang, mari kita mulai untuk panduan penulisan artikel SEO, pada bagian selanjutnya.

Cara Membuat Artikel SEO

Hal yang mendasar adalah bahwa ini membutuhkan waktu. Tidak ada yang instan, untuk sebuah penerapan SEO. Semua itu bergantung pada banyak hal, seperti persoalan waktu indexing Anda, waktu update dari Google sendiri, atau bahkan dari sisi lainnya. Yang pasti, halaman Anda semestinya benar-benar sesuai dengan kriteria yang didambakan oleh mesin pencari.

1. Keyword (Kata Kunci)

Bagian ini tergolong bagian utama dan hal yang terpenting dalam praktik pembuatan artikel SEO. Pasalnya, tanpa kata kunci yang diterapkan dengan optimal, maka itu akan merusak halaman Anda. Tidak terbayangkan, bagaimana sebuah artikel itu menjadi sesuatu yang menarik bagi pembaca, bila tidak dibangun berdasarkan kata kunci disana.

Sebuah artikel, semestinya memiilki tujuan akhir yang akan didapatkan bagi para pembaca, atau dapat menyelesaikan masalah pembaca. Orang-orang berkunjung ke Google (sebagai mesin pencari), untuk menemukan jawaban atas permasalahan/ ketidaktahuan yang mereka hadapi. Oleh karena itu, Anda semestinya hadir sebagai orang yang menyelesaikan masalah mereka. Bangun halaman dengan kata kunci, dan berikan penyelesaian masalah yang ada.

2. Konsep 5W1H

Saya terbiasa untuk menciptakan artikel dengan memperhatikan konsep 5W1H (bila itu memungkinkan). Ini benar-benar membantu Kami dalam menciptakan artikel yang diminta oleh orang banyak di luar sana.

Dengan bantuan konsep 5W1H, itu membutuhkan penjelasan tentang (1) What/ apa; (2) Who/ Siapa; (3) Where/ Dimana; (4) Why/ Mengapa; dan (5) How/ Bagaimana.

Bila dalam sebuah artikel, menjelaskan tentang keseluruhan elemen penting itu, maka tentu ini akan sangat berguna bagi para pembaca. Orang-orang akan terkumpul disana, dan mendapatkan pemahaman yang cukup komplit untuk sebuah persoalan mereka.

3. Panjang Karakter

Belakangan ini, banyak sekali ahli yang telah meneliti bahwa kebanyakan halaman yang berada dalam halaman pertama, memiliki panjang karakter sebanyak 1500-2500 kata. Apakah itu sesuatu yang sulit. Mungkin bagi seorang penulis, hal itu bukanlah sesuatu yang sulit. Tetapi faktanya, itu bukanlah angka yang ringan untuk diterapkan dalam sebuah pembahasan.

Mungkin beberapa kali mencoba membuat hal yang demikian itu, akan sedikit menemui kesulitan. Misalnya, Kami pernah mencoba untuk menuliskan artikel tentang “Contoh kalimat 5W1H”. Tapi, itu tidak berhasil dengan jumlah kata yang diharapkan.

Mengapa ini bisa terjadi? Kami mencoba menganalisis sederhana tentang keadaan itu. Hasilnya adalah bahwa, kami menyimpulkan bahwa itu bukanlah kata kunci pokok dalam sebuah bahasan.

Maksudnya adalah bahwa artikel dengan kata kunci itu, semestinya menjadi artikel pendukung (bukan artikel pilar), yang pada dasarnya hanyalah digunakan sebagai pendukung untuk mendongkrak artikel pilar yang terkait tentangnya.

Dan ketika kami menuliskan artikel pilar untuk itu, yakni 5W1H, itu menjadi jauh lebih mudah untuk menciptakan 1500 jumlah kata, dan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 24 jam. Pada intinya, abaikan bagian ini untuk artikel pendukung, dan maksimalkan untuk artikel pilar.

4. Deskripsi (Description)

Setiap hasil penelusuran tertentu, itu menampilkan deskripsi singkat tentang sebuah halaman. Pada umumnya, thema yang beredar dikalangan umum sudah menggunakan alat ini secara otomatis. Maksudnya, ketika Anda tidak mengisikan deskripsi melalui alat SEO Anda, maka itu akan mengambil paragraf awal dari konten Anda.

Tetapi sebagai paragraf awal, tentu bukan tujuan yang diharapkan. Terkadang, paragraf awal bersifat pengantar, dan bahkan dilain sisi tidak terkait langsung dengan pembahasan.

Maka dari itu, untuk menciptakan artikel SEO, sebaiknya Anda menuliskan secara custom untuk deskripsi Anda, agar lebih optimal. Sebagai opsi lain, Anda mungkin dapat membuat tujuan akhir dari pembahasan (yang terkait langsung dengan keyword Anda) pada bagian awal paragraf.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menambahkan deskripsi secara manual, karena thema Anda mengambil itu secara otomatis, dan disana Anda sudah menuliskan sesuatu yang dioptimalkan berdasarkan pembahasan yang ada.

5. Optimalkan Gambar

Tidak diragukan lagi, bahwa Gambar adalah elemen yang tergolong besar dalam ukuran File. Untuk sebuah gambar, memungkinkan untuk menghasilkan ukuran sebesar 15MB. Meski ini bergantung pada ukuran gambar, atau jenis file gambar, tetapi pada umunya Kami menemukan ukuran itu untuk sebuah gambar di halaman Kami.

Mari sedikit membandingkan. Bila Anda melihat lebih jauh tentang ukuran halaman Anda secara default (tanpa gambar), itu setidaknya berada di angka 80-150Kb. Jadi, menggunakan satu buah gambar saja, bisa melebihi dari seluruh file pembangun situs blog Anda.

Meski ini tidak ada keterkaitan diantara mereka, tapi perbandingan itu membuat anggapan bahwa Gambar, benar-benar membutuhkan ukuran file yang tidak sedikit. Oleh karenanya, menghasilkan gambar dengan ukuran yang lebih kecil, tentu jauh lebih baik.

Bila digabungkan antara ukuran file pembangun situs blog Anda, dengan ukuran file gambar Anda, tentu jumlahnya akan jauh lebih tinggi bukan? Hal inilah yang akan memakan waktu muat situs blog Anda menjadi lebih lambat. Dibeberapa alat cek SEO, menyarankan halaman Anda berada pada 0.2 milisecond atau setara dengan 2 detik.

Sebaliknya, bila Anda mampu menciptakan halaman yang lebih kecil dalam ukuran file keseluruhan, maka waktu yang dibutuhkan untuk memuat menjadi lebih cepat. Kecepatan, merupakan salah satu dari faktor Google Ranking yang ada. Oleh sebab itu, upayakan untuk menciptakan gambar yang dioptimalkan, meski mengorbankan sedikit kualitas gambar.

Kami telah menerbitkan tentang optimasi gambar Blog, dan Anda dapat mempelajari panduannya disana.

6. Optimalkan Permalink

Permalink, adalah bagian yang akan terliaht dalam sebuah hasil pencarian. Oleh sebab itu, pada kenyataan ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa Google mampu merender permalink dari setiap halaman.

Oleh karenanya, manfaat kesempatan ini untuk mengoptimalkan permalink Anda. Beberapa alat SEO, mengatakan bahwa permalink yang ditampilkan tidak lebih dari 40 karakter. Bila melebihi itu, maka ia akan tertutup dalam sebuah hasil pencarian.

Tetapi bertolak belakang dengan itu, Google sendiri mengatakan bahwa mereka tidak mengabaikan sesuatu yang tertutup itu. Melainkan, itu hanyalah tampilan semata. Mereka tetap mengambil informasi tentang keseluruhan situs.

Jangan lupa untuk mengoptimalkan dengan membubuhi permalink yang dilengkapi dengan kata kunci Anda. Sebaiknya, pelajari lebih lanjut tentang permalink settings. Kami mengulas lebih banyak panduan disana.

7. Link Building

Hal lain dalam upaya menciptakan Artikel SEO adalah persoalan Link Building. Link Building maksudnya adalah membangun tautan dalam sebuah halaman Blog.

Link Building tidak hanya termasuk pada pembahasan internal link, atau backlink, melainkan juga termasuk pada pembahasan eksternal link. Banyak hasil analisis mengatakan bahwa halaman dengan peringkat tertinggi berisi lebih banyak Eksternal Link (tautan yang mengarah ke luar blog). Itu artinya, jangan sungkan untuk memberikan Eksternal Link kepada blog lain, sebagai upaya pengoptimalan konten Anda.

Selain itu, Anda semestinya memperhatikan persoalan Internal Link. Sejauh ini, kami belu menemukan informasi tentang ini. Yang membuat kami bertanya-tanya adalah tentang apakah itu hanya termasuk pada relefansi konten, atau relefansi teks.

Hingga kini, kami mengabaikan itu dan menautkan ke setiap halaman kami, selama teks itu memiliki keterkaitan, dan membutuhkan penjelasan lebih (tidak harus pada pembahasan yang serupa). Lihat panduan tentang Link Building dari Kami, untuk menambah wawasan Anda dalam menciptakan Artikel SEO.

8. Judul Artikel

Salah satu bagian penting yang tidak dapat diabaikan dalam menciptakan artikel SEO adalah persoalan Judul Artikel. Pasalnya, judul adalah bagian yang paling dominan untuk ditampilkan dalam hasil pencarian.

Bentuknya yang lebih besar dan mencolok, membuat kesimpulan bahwa bagian ini benar-benar penting. Beberapa hal penting dalam membantun Artikel SEO pada bagian judul, adalah bagaimana itu memberikan kesimpulan dari setiap penjabaran Anda dalam artikel tersebut.

Dengan kata lain, judul dapat memikat bagi para pembaca, sehingga itu memungkinkan mereka untuk membuka halaman Anda.

Jika halaman Anda dibangun berdasarkan masalah orang-orang di luar sana, maka Anda dapat membubuhi judul Anda dengan mengisikan bagian umum dari jawaban atas permasalahan itu. Ini adalah persoalan logika yang benar.

Ada bagian penting lainnya mengenai membuat judul artikel SEO, yang telah Kami susun dalam artikel tentang Title Tag SEO.

Tinggalkan komentar