Apa Itu Keyword: Pemahaman Penting Untuk Membangun Halaman SEO

SEO

Jadi, pada materi kali ini kita membahas mengenai apa itu Keyword. Hal ini merupakan bagian penting untuk Anda, bila ingin mempelajari lebih dalam tentang SEO. Beberapa hal yang akan Anda dapatkan disini seperti:

  • Apa itu Keyword
  • Beberapa manfaat menggunakannya
  • Menciptakan halaman dengan Keyword
  • Riset keyword
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Apa Itu Keyword

Keyword berasal dari bahasa Inggris, yang artinya Kata Kunci. Jadi, berada di halaman ini, ketika Saya mengucapkan istilah Keyword, maka itu dimaknai sebagai kata kunci. Sekarang, kita akan mempelajari apa yang dimaksudkan dari istilah keyword ini.

Keyword adalah kata kunci, dimana ini berarti beberapa kata atau istilah yang dijadikan panduan dalam membangun halaman.

Sebuah halaman semestinya membentuk sesuatu yang berarti bagi para pembaca, terlebih lagi itu dapat bermanfaat bagi para pembaca, karena dapat menyelesaikan persoalan mereka.

Saya kerap mengatakan bahwa: “Orang-orang berkunjung ke mesin pencari, untuk menyelesaikan permasalahan mereka…”

Jadi, membangun halaman yang berkualitas itu jauh lebih penting, dan menggunakan kata kunci adalah modal terbesar dalam mencapai itu.

Kata kunci, adalah pokok pikiran dalam sebuah halaman. Berangkat dari sini, nantinya akan dijabarkan secara luas dan lugas tentang segala hal yang terkait tentangnya.

Contoh Keyword

Jadi, sebagai tambahan dalam pembahasan ini, sepertinya memberikan contoh terhadap keyword adalah hal yang paling dinanti.

Seperti misalnya, ingin membuat artikel tentang “makna Blog”. Maka, dari sini dapat digambarkan bahwa yang akan kita bahas dalam sebuah halaman adalah tentang Blog itu sendiri. Mulai dari pengertiannya, cara membuatnya, berbagai manfaatnya, dan masih banyak lagi.

Jadi, keyword adalah pembangun halaman Anda untuk menjadi terlihat lebih profesional. Tanpa keyword, pembahasan dalam sebuah halaman akan diragukan, karena ia tidak dijelaskan dengan tujuan yang ada. Sebaliknya, jika menggunakan Keyword, maka halaman itu akan jauh lebih terarha, dalam penyajian materinya.

Manfaat Keyword

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dengan keyword, sebuah halaman akan lebih terarah dalam penyajian materinya.

Sebaliknya, ketika keyword diabaikan, maka penulis sendiri akan kebingungan untuk tujuan akhir dari materi yang disajikannya.

Google telah memberikan sugesti (Google Suggest) tentang beragam istilah yang memiliki data dalam penjaringan mereka. Maka disanalah Keyword itu berada.

Seperti misalnya, Anda sedang mencari tentang “membuat blog”, dan disana akan muncul sugesti yang lebih panjang, seperti “membuat blog dari HP“.

Saya menyengaja untuk memberikan penanda baris bawah pada teks tambahan itu. Itu adalah sugesti Google. Mengapa ini muncul? Itu karena mereka memiliki data tentang itu. Jadi, ini dapat dijadikan sebagai kata kunci dalam membangun halaman Anda.

Membangun Halaman Dengan Keyword

Pertanyaan lanjutan dari ini adalah tentang bagaimana membangun halaman dengan keyword?

Untuk dapat menciptakannya, Anda perlu mengambil istilah yang akan dijadikan sebagai keyword utama Anda.

Seperti misalnya, Anda ingin menulis tentang apa itu Blog. Maka, sebelum memulai tulisan Anda, sebaiknya kunjungi pencarian Google, dan temukan Google Suggest disana, untuk melihat hasil tentang kata kunci yang Anda bidik.

Ketika ia merupakan sebuah keyword, maka simpan itu sebagai kata kunci Anda. Lihat pula persoalan sugesti Google, untuk digunakan sebagai LSI Keyword (telah dibahas dalam halaman lain).

Jika Anda sudah memiliki keyword, maka buatlah sebuah halaman dengan baik. Tampilkan kata kunci Anda disana. Jangan lupa untuk menggunakan semaksimal mungkin pada meta tag, seperti Judul, Deskripsi, dan lainnya.

Dalam body halaman Anda, sebaiknya pelajari persoalan LSI Keyword, yang akan memandu Anda dalam penggunaan kata kunci di dalam dokumen Anda. Ini juga akan memandu Anda untuk menemukan istilah relefan dengan keyword Anda, untuk digunakan dalam Post yang ada.

Cara Saya Riset Keyword

Sekarang bagian yang spesial, dimana Anda akan mengetahui tentang bagaimana cara Saya riset Keyword.

Sebenarnya, pada praktik yang Saya lakukan, riset Keyword tidak melulu sesuatu yang harus dioptimalkan, TIDAK…!!!

Bahkan terkadang, Saya mengabaikan persoalan hasil analisis yang ada dari beragam Tools Keyword itu.

Jadi begini, Poin terbesar Saya ketika melakukan Riset Keyword hanya memandang 2 bagian, yakni:

  • Search Volume Keyword
  • Keyword Dificult

Jadi, kedua bagian itu adalah hal yang kerap sekali menjadi perhatian utama Saya, ketika melakukan Riset Keyword. Bila orang-orang melakukan lebih, maka itu bergantung Anda. Bagi Saya, bagian yang lainnya itu akan diperhatikan di masa mendatang.

Saya sudah menuliskan persoalan ini, pada bagian halaman dengan judul Cara Saya Melakukan Riset Keyword. Anda dapat melihat lebih jauh disana.

Tapi disini, Saya akan menjelaskan konsepnya saja, sebagai upaya pengantar pemahaman bagi Anda tentang apa yang kerap sekali Saya lakukan.

Jadi pertama, Saya perlu mencari tahu tentang apakah kata kunci yang dibidik itu sudah ada dalam Google Suggest. Anda dapat mencoba menuliskannya dalam kotak pencarian Google. Bila itu ditemukan, maka ia bernilai sebagai Keyword. Bila tidak ditemukan, maka sudah pasti Google tidak memiliki data pasti terhadapnya (hanya kemungkinan).

Kedua, Saya menempelkan kata kunci pada Tools Riset Keyword yang ada. Sayangnya, Saya belum pernah menggunakan versi berbayar dari masing-masing tools yang ada. Itu karena Saya hanya mengambil 2 bagian Saja (yang sebelumnya dijelaskan).

Ketiga, lihat Search Volume. Masing-masing alat riset kata kunci menampilkan Search Volume. Jadi, ini menjadi catatan penting, dimana Saya biasanya mengambil kata kunci dengan volume pencarian terbanyak. Saya suka tantangan, untuk sesuatu yang besar.

Keempat, lihat Keyword Dificult. Ini adalah tentang tingkat kesulitan keyword. Maksudnya, sejauh mana tingkat kesulitan untuk berada dalam halaman tertinggi dalam kata kunci yang dituju. Jadi, Saya mengambil bagian ini karena sebagai motivasi untuk menciptakan halaman yang baik, dan baik, dan lebih baik lagi. Ketika kata kunci yang dibidik memiliki nilai kesulitan yang tinggi, maka dari sini kita menjadi optimis untuk menciptakan halaman yang berkualitas.

Sederhana, namun perlu pemahaman yang terstruktur. Untuk lebih lanjut, sebaiknya pelajari halaman tentang cara saya melakukan riset keyword, agar tidak salah paham dalam praktik itu.

2 pemikiran pada “Apa Itu Keyword: Pemahaman Penting Untuk Membangun Halaman SEO”

Tinggalkan komentar