ilustrasi_rpph_paud

Guru

RPPH PAUD: Sebuah Pemahaman Konsep Dasar

RPPH adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Ini adalah bagian dari dokumen penting untuk seorang Guru PAUD berupa sebuah susunan rencana dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pada dasarnya, setiap guru harus memiliki perencanaan terlebih dahulu sebelum ia terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Untuk PAUD, ini disebut sebagai RPPH PAUD. Sedangkan untuk pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA lebih dikenal dengan istilah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Fungsi RPPH

RPPH adalah perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru. Maka dari itu, disana memuat banyak hal seperti tentang bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan, apa tujuan dari pembelajaran yang dilaksanakan, dan bagaimana media yang mendukung untuk itu, serta hal penting lainnya.

RPPH berfungsi sebagai pedoman guru dalam penyampaian atau penyajian materi pelajasan mereka agar dapat mencapai tujuan pembelajaran seperti apa yang diharapkan. Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam lingkup pendidikan, ada istilah Tujuan Pendidikan. Dalam turunan untuk aspek kecil, yaitu tujuan pembelajaran. RPPH berfungsi untuk memandu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran itu. Dengan demikian, akan memungkinkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Perlunya RPPH PAUD

Tentu saja guru membutuhkan dokumen pendukung untuk dirinya saat mengajar di kelas. Salah satu dokumen penting itu adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dalam lingkup PAUD sendiri, RPP guru itu adalah RPPH. Ini dibentuk untuk kebutuhan harian guru saat mengajar di kelas pada setiap harinya.

Tinggalkan komentar