ilustrasi_rencana_pelaksanaan_pembelajaran_rpp

Guru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah perangkat mengajar yang dibuat oleh guru sebelum ia melangsungkan kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Kehadiran RPP sangat dibutuhkan bagi guru, untuk membuat pembelajaran terkontrol dengan baik.

Dalam RPP, mengulas berbagai rencana yang benar-benar berguna bagi seorang guru, seperti waktu praktik pembelajaran, materi ajar, media pembelajaran, metode pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan lain sebagainya. Penjelasan yang rinci, membuat perencanaan ini akan menjadi berarti bagi guru untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Perlunya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Apakah RPP perlu? Semestinya pertanyaan ini bukanlah pertanyaan yang seharusnya dilontarkan. Tetapi, ini penting sebagai pemahaman kita bersama.

RPP adalah komponen yang inti bagi seorang guru, sebelum ia terjun ke lokasi untuk mengajarkan materi yang diembannya. RPP berisikan berbagai macam hal yang penting dan sangat dibutuhkan bagi seorang guru.

Semestinya, setiap pembelajaran yang dilakukan itu memiliki dasar dan tujuan tertentu, agar dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh karenanya, dalam rangka mencapai tujuan itu, maka tentu saja dibutuhkan perencanaan yang matang, dan RPP adalah salah satu cara untuk menggapai itu.

2 pemikiran pada “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)”

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Tinggalkan komentar