Ikhfa

Pengertian Ikhfa: Huruf, Cara Membaca dan Contohnya

Ikhfa merupakan salah satu bagian dari hukum tajwid dalam membaca Alquran. Pada materi sebelumnya, kita telah mempelajari hukum bacaan Idzhar, dimana disana dijelaskan berarti jelas. Sekarang, kita akan berbicara tentang pengertian ikfa, yang merupakan kebalikan dari Idzhar itu sendiri (asumsi pribadi). Untuk mengetahui lebih dalam tentang Ikhfa, mari kita pelajari lebih jauh lagi.

Pengertian Ikhfa

Ikhfa adalah hukum bacaan tajwid dengan samar-samar (tidak jelas) dan dibaca dengan berdengung. Hal yang perlu digaris bawahi disini adalah persoalan Samar-Samar, dimana ini semestinya menjadi ucapan yang tidak jelas.

Ikhfa itu, semakin samar hurufnya semakin bagus terjadinya. Jadi, semakin orang-orang tidak memahami akan huruf apa yang dibaca setelahnya, maka disitulah letak Ikhfa itu. Jadi secara umum, ikhfa berarti apabila huruf نْ / ـًــٍــٌ bertemu dengan salah satu huruf ikhfa (14 huruf), maka dibaca dengan samar-samar dan berdengung.

Huruf Ikhfa

Ikhfa sendiri memiliki 15 huruf dalam Huruf Hijaiyah. Adapun huruf-huruf ikhfa yang dimaksudkan itu adalah:

ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك

Cara Membaca Ikhfa

Cara membaca ikhfa, sesuai dengan apa yang dideskripsikan pada pengertian ikhfa itu sendiri. Ikhfa artinya samar, maka pertama yang perlu diketahui bahwa dibaca secara samar. Banyak orang yang kebingungan dengan istilah samar ini. Bagian mana yang disamarkan? Apakah huruf ikhfa (yang 15) itu dibaca secara samar?

Yang dibaca samar adalah bunyi dari نْ / ـًــٍــٌ yang ada. Jadi, ikhfa itu terjadi ketika ada huruf نْ / ـًــٍــٌ bertemu dengan salah satu huruf ikhfa (15 huruf), maka jatuh hukumnya ikhfa dan wajib dibaca samar-samar. Bukan huruf ikhfa yang 15 yang dibaca samar, tetapi bunyi

Yang dibaca samar adalah bunyi dari نْ / ـًــٍــٌ yang ada. Jadi, ikhfa itu terjadi ketika ada huruf نْ / ـًــٍــٌ bertemu dengan salah satu huruf ikhfa (15 huruf), maka jatuh hukumnya ikhfa dan wajib dibaca samar-samar. Bukan huruf ikhfa yang 15 yang dibaca samar, tetapi huruf

Yang dibaca samar adalah bunyi dari نْ / ـًــٍــٌ yang ada. Jadi, ikhfa itu terjadi ketika ada huruf نْ / ـًــٍــٌ bertemu dengan salah satu huruf ikhfa (15 huruf), maka jatuh hukumnya ikhfa dan wajib dibaca samar-samar. Bukan huruf ikhfa yang 15 yang dibaca samar, tetapi huruf نْ / ــًــٍــٌ lah yang dibaca secara sama.

Misalnya, huruf نْ berbunyi = “..n..” Maka, ketika ia bertemu dengan huruf ikhga (contoh ت), maka ia menjadi “..ng..”. Ini juga termasuk pada bunyi ــًــٍــٌ (Tanwin). Jadi, ikhfa artinya samar, maka ia bertugas menyamarkan bunyi نْ / ــًــٍــٌ, bukan huruf Ikhfa itu sendiri.

Contoh Ikhfa

رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ = Teks yang berwarna merah “yunfiqun” merupakan bagian dari hukum Ikhfa. Terdapat huruf نْ bertemu dengan huruf فِ. Maka ini termasukhukum bacaan Ikhfa. Maka, bunyi نْ harus disamarkan.

Ia tidak lagi dibaca sebagai “..nun..” Melainkan didengungkan menjadi “..nunnggg..”. Jadi, bunyi akhir dari contoh tersebut adalah “Yunnngggfiquun..”

Tinggalkan komentar