Strategi

Memajukan Sekolah Swasta: Panduan Menyusun Strategi Terbaik 2021

Memajukan sekolah swasta adalah sesuatu yang semestinya dipikirkan oleh setiap pengelola sekolah. Lembaga swasta harus bekerja keras untuk mengembangkan lembaga mereka disetiap tahunnya.

Berbagai cara diupayakan untuk pengembangan itu, termasuk seperti menyebarkan promosi berupa brosur dan semacamnya, meningkatkan kompetensi berbagai komponen lembaga, dan masih banyak lagi.

Namun terkadang, tidak dapat dipungkiri bahwa segala upaya itu tidak membuahkan hasil. Oleh karenanya, itu membutuhkan informasi yang lebih mendalam tentang tehnik memajukan sekolah swasta. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Pentingnya Memajukan Sekolah Swasta

Sekolah swasta tentu saja ingin bergerak cepat untuk meraih perkembangan lembaga mereka. Hal ini adalah dasar bagi mereka untuk tetap menjalankan keberlangsungan pendidikan di lembaganya. Ini juga secara lebih spesifik, akan memberikan pengaruh untuk SDM, bahkan untuk kebutuhan operasional lembaga tersebut.

Pada setiap tahunnya, lembaga swasta tentu berpikir keras tentang bagaimana agar kualitas lembaga mereka meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini pada akhirnya nanti akan bercerita tentang persoalan jumlah siswa, yang tentunya ini menjadi mobilitas dari kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hal yang umum adalah setiap lembaga swasta itu berdiri dengan kemampuan lembaga mereka sendiri. Artinya, lembaga ini akan mengelola kas atau pengeluaran lembaga mereka. Secara lebih luas, ini berpengaruh dengan kualitas mereka dalam penilaian masyarakat luas.

Oleh karenanya, tidak ada alasan bagi lembaga swasta untuk menganggap bahwa perbaikan kualitas lembaga adalah hal yang tidak penting. Justru sebaliknya, lembaga swasta harus tetap memperhatikan dan mempertahankan kualitas mereka bila itu sudah mendapatkan predikat baik dimata masyarakat luas.

2. Langkah Memajukan Sekolah Swasta

Memajukan sekolah swasta, tentunya memperhatikan beberapa tahapan yang biasa disebut sebagai strategi dalam mengembangkan lembaga mereka. Hal ini tidak serta merta dilakukan tanpa perencanaan yang matang dan terukur.

Banyak sekali kreatifitas dari masing-masing lembaga untuk mendatangkan siswa baru yang bernilai lebih dari tahun sebelumnya. Itu seperti menyebarkan Brosur tentang profil lembaga mereka, atau membuat acara-acara khusus yang terkait dengan program pembelajaran mereka dengan melibatkan masyarakat umum. Keseluruhannya ini adalah langkah yang dinilai tepat.

Secara umum, ada beberapa langkah dalam memajukan lembaga swasta dalam catatan saya. Beberapa hal yang dimaksudkan itu akan diulas lebih dalam pada bagian berikut ini.

2. 1. Mengembangkan Website Lembaga

Ini adalah langkah pertama dalam memajukan sekolah swasta. Memang website adalah istilah yang tidak asing. Bahkan, kebanyakan lembaga yang asing dengan istilah ini menganggap bahwa website tidak begitu berpengaruh untuk perkembangan lembaga mereka.

Tapi tulisan ini menepis itu. Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari website sekolah. Bila lembaga belum memilikinya, maka sebaiknya disarankan untuk membuat website sekolah. Ini sangat bernilai pada era modern/ digital masa sekarang ini.

Tanpa website, lembaga akan kesulitan untuk memberitahukan tentang kualitas lembaga mereka kepada masyarakat luas, seperti sarana sekolah, prasarana, prestasi sekolah, dan masih banyak lagi.

Website adalah tempat yang sederhana, namun dapat menyimpan banyak informasi yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas, terutama bagi calon siswa. Secara tidak langsung, kepunyaan sebuah website lembaga sekolah, akan memberikan kredit positif bagi lembaga itu sendiri. Orang-orang akan menganggap bahwa keberadaan lembaga sekolah itu benar-benar terjamin, dan kualitas dinilai lebih baik.

2. 2. Meningkatkan Kualitas Guru

Guru adalah sektor penting dalam setiap lembaga, baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta. Guru adalah sosok yang menjadi sorotan paling tinggi bagi peserta didik dan kalangan umum.

Hal yang umum terjadi adalah bahwa kemampuan atau keberhasilan peserta didik itu dipengaruhi oleh guru. Memang demikian adanya. Pembelajaran yang baik dilakukan oleh guru di dalam kelas, akan memberi pengaruh positif terhadap perkembangan pengetahuan siswanya.

Sadar atau tidak, guru adalah sektor yang menjadi sorotan bagi masyarakat luas untuk memberi penilaian terhadap lembaga dimana ia bekerja. Oleh karena itu, baik buruknya lembaga dipengaruhi oleh guru yang mengajar di lembaganya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru dalam upaya memajukan sekolah swasta, antara lain seperti:

  • Meningkatkan kompetensi guru
  • Mengadakan berbagai event untuk guru
  • Mengadakan seminar
  • Mengadakan lokakarya
  • dan masih banyak lagi.

2. 3. Melengkapi Kebutuhan Sarana dan Prasarana

Sadar atau tidak, sarana dan prasarana adalah komponen penting dalam lembaga pendidikan, dan ini menjadi sorotan yang juga berpengaruh bagi masyarakat luas. Kebanyakan orang akan menilai dengan melibatkan persoalan sarana dan prasarana yang ada di sebuah lembaga.

Sarana, adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan para peserta didik. Oleh karenanya, hal inti yang menjadi perhatian disini adalah tentang jenis sarana yang benar-benar bermanfaat bagi peserta didik. Dalam kata lain, sarana itu tidak hanya sekedar pajangan belaka, melainkan juga digunakan secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Sedangkan prasarana, adalah komponen yang tidak bersentuhan langsung dengan siswa, namun menjadi pengantar untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa. Sebagai contoh, seperti jalan, bangunan, ruangan, halaman/ lingkugan, dan masih banyak lagi.

Ini tidak hanya bercerita persoalan bagus/ mewah semata. Melainkan tentang kebermanfaatan. Bilamana disebuah lembaga itu menghadirkan prasarana yang benar-benar mendukung kegiatan belajar mengajar, maka itu bernilai jauh lebih baik. Terlebih lagi, prasarana adalah bagian yang paling monoton untuk terlihat dikalangan umum.

2. 4. Meningkatkan Kualitas Administrasi Lembaga

Administrasi adalah bagian yang dinilai penting bagi sebuah lembaga swasta. Administrasi semestinya berjalan secara teratur, dan pengguna diharapkan merasa nyaman dengan transaksi yang dilakukan.

Ada banyak hal yang menjadi sorotan disini, seperti tentang pencatatan buku pembayaran, atau kuitansi pembayaran, dan masih banyak lagi.

Administrasi yang rapi, akan membuat pengguna merasa lebih nyaman dan percaya terhadap sekolah swasta itu. Oleh karenanya, perhatikanlah bagaimana administrasi itu berjalan. Bila tidak memiliki kuitansi pembayaran dalam setiap transaksi dengan orangtua siswa, sebaiknya gunakan itu untuk meningkatkan keterpercayaan dari orangtua siswa.

Sebab, pembayaran adalah sesautu yang menjadi sorotan penting. Oleh karenanya, ini perlu dinilai baik oleh masyarakat luas. Ciptakanlah rasa nyaman saat mereka bertransaksi. Tidak harus menggunakan aplikasi atau sejenisnya (untuk terlihat trendi), tetapi paling tidak itu berlaku secara teratur. Itu yang diharapkan.

Beberapa langkah memajukan sekolah swasta di atas, adalah bagian opsional dimana lembaga dapat memilih salah satunya untuk diterapkan di lembaga atau bahkan menggunakan keseluruhannya bagi peningkatan kualitas lembaga swasta mereka.

Tinggalkan komentar