Blogging

Manfaat Blog Bagi Pendidikan

Apa saja manfaat blog bagi pendidikan? Tentu saja pembahasan ini dinilai menarik. Meski blog merupakan permainan yang cukup tua, sejak 2009 blog tetap eksis hingga hari ini di tahun 2021. 12 tahun kini dunia Blogging sudah berkiprah, dan itu terlihat masih seperti dahulu.

Tahukah anda, apa yang menjadi kaitan antara blog dengan pendidikan? Disini, kita akan membahas tentang pertanyaan itu. Mari ikuti lebih dalam.

Pendidikan Perlu Digitalisasi

Terang saja, di era modern ini pendidikan perlu menautkan diri dengan digitalisasi. Faktanya, untuk tahun 2020 saja, pendidikan dengan proses pembelajaran berbasis teknologi mulai digalakkan. Memang hal ini terjadi karena keadaan yang memaksan, dikarenakan wabah COVID-19 yang hingga kini masih berlangsung dan membuat pembelajaran tatap muka ditiadakan.

Sebagai gantinya, proses kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui DARING (Dalam Jaringan) yang tentunya membutuhkan koneksi internet dan teknologi.

Artinya, bahwa guru dan siswa juga harus mengetahui tentang teknologi, karena itu bagian media mereka saat mengikuti kelas untuk belajar.

Berbagai Macam Manfaat Blog Bagi Pendidikan

Berikut ini beberapa manfaat blog bagi pendidikan untuk dijadikan sebagai bahan bacaan.

1. Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah bagian penting untuk seorang guru. Mereka seharusnya mengetahui tentang media pembelajaran, dan menerapkannya dalam setiap proses belajar mengajar yang dilaksanakannya di kelas.

Blog juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Mengapa demikian? Itu karena Blog akan jauh lebih mudah diakses oleh orang-orang, terutama bagi para peserta didik mereka.

Sebenarnya hal ini sangatlah luas, dimana guru tidak hanya berlaku untuk siswanya di kelas saja, tetapi ia juga berkesempatan untuk memberikan materi pelajaran kepada orang umum yang ada di Internet.

Tulisan dan gambar yang mendukung untuk penyampaian sebuah materi, lalu kemudian dipublikasikan di halaman blog mereka, maka itu jauh memungkinkan untuk dapat diakses oleh orang banyak di luar sana. Jadi, Blog memang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bukan?

2. Personal Branding Bagi Guru

Guru juga merupakan media pembelajaran, dimana ia dapat menjadi model dan ditiru oleh para siswanya, termasuk pada orang-orang umum di luar sana. Bagaimana guru menyikapi ini.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang guru untuk memahami akan kompetensi guru yang ada padanya. Dengan begitu, segala macam terkait pribadinya, aktivitasnya, akan lebih terkontrol dan dapat mencapai cita-cita sebagai “Guru Yang Digugu dan Ditiru”.

Personal Branding dapat dimaknai sebagai pengenalan diri pribadi kepada masyarakat luas. Seorang guru perlu membangun citra baik bagi para peserta didik mereka. Oleh sebab itu, Blog diniai dapat membantu guru untuk menjangkau jaringan yang lebih luas lagi untuk memperkenalkan tentang pribadi mereka dan mencerminkan perilaku yang dapat ditiru.

3. Promosi Sekolah

Sekolah adalah lembaga yang perlu dipromosikan pada setiap tahunnya. Mengapa demikian? Sekolah menjalankan berbagai macam aktivitas, dan berbagai hal juga perlu diketahui oleh masyarakat luas. Itu seperti tentang bagaimana aktivitas di sekolahnya, berapa biaya pendidikan yang dibutuhkan, dan bagaimana sarana dan prasarana sekolah yang ada, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya menjadi konsumsi masyarakat luas yang semestinya senantiasa diterima oleh mereka. Adapun yang menjadi tujuan dari promosi adalah memperkenalkan tentang keberadaan lembaga kepada masyarakat luas.

Melalui Blog, hal ini akan jauh lebih mudah dikarenakan tanpa biaya yang lebih besar. Disamping itu, dengan Blog, sekolah dapat memperkenalkan lembaganya dengan berbagai paparan yang dapat menarik perhatian seperti foto-foto kegaitan, jadwal-jadwal pelajaran, tujuan pendidikan, ekstra-kurikuler yang dijalankan, dan masih banyak lagi.

Tentunya, hal ini akan memberikan nilai positif bagi perkembangan lembaga, terlebih lagi bagi sekolah swasta yang semestinya memandang perlu akan hal ini.

Tinggalkan komentar