ilustrasi_kegiatan_belajar_mengajar

Pembelajaran

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar adalah aktivitas transformasi ilmu yang berlangsung antara guru dan siswa di dalam kelas dengan materi pelajaran tertentu. Istilah kegiatan belajar mengajar biasanya diberikan dalam lingkup pendidikan formal dan non formal.

Kegiatan belajar mengajar dilangsungkan antara guru dan siswa, dimana guru bertugas sebagai pemberi materi pelajaran sedangkan siswa (peserta didik) bertugas sebagai penerima ilmu (belajar). Aktivitas ini dikatakan sebagai pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar.

Perlunya Kegiatan Belajar Mengajar Yang Efektif

Terang saja, efektifitas adalah hal yang paling dicari setiap melakukan sesuatu. Demikian pula halnya pada Kegiatan Belajar Mengajar, yang semestinya dicarikan solusi agar efektifitas itu dapat dirasakan.

Ini sangat bergantung pada tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran itu sendiri. Jadi, efektifitas adalah pokok yang harus diperhatikan agar mempertimbangkan segala bentuk kegiatan selama pembelajaran berlangsung.

kegiatan_belajar_mengajar

Pembelajaran semestinya mengacu pada tujuan pembelajaran. Namun tidak sedikit kegagalan yang diterima saat proses mencapai itu. Oleh karenanya, menciptakan sesuatu yang baik demi efektifitas kegiatan belajar mengajar dianggap sebagai sesuatu yang penting.

Yang Diperlukan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Ada beberapa hal yang penting yang menjadi perhatian seorang guru saat melangsungkan kegiatan belajar di kelas. Beberapa hal yang dimaksudkan itu seperti RPP, Jadwal Pelajaran, Tujuan Pelajaran, Materi Ajar, Media pembelajaran, Sarana dan Prasarana, dan masih banyak lagi.

1. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang merupakan sebuah administrasi kelas yang wajib disediakan oleh guru, bahkan sebelum ia masuk ke dalam kelas.

RPP akan memandu guru selama ia menyampaikan isi materi ajarnya kepada para siswa di hari dan waktu yang telah ditentukan. Disana, akan memaparkan tujuan pembelajaran itu sendiri, yang kemudian disesiakan dengan media pembelajaran yang akan digunakan selama proses penyampaian transofmasi ilmu itu.

2. Jadwal Pelajaran (Roster)

Jadwal Pelajaran (Roster) adalah bagian yang penting dalam kegiatan belajar mengajar. Tanpa roster, panduan untuk melangsungkan pembelajaran tidak akan terarah.

Ini merupakan bagian dari administrasi kelas yang semestinya disediakan oleh lembaga pada setiap kelas yang ada. Di dalam Roster, akan memperlihatkan jam-jam untuk pelajaran tertentu yang akan dilangsungkan dalam aktivitas sehari-hari di kelas.

3. Materi Ajar

Materi ajar juga merupakan bagian inti dan tentunya tidak kalah pentingnya dengan aspek lainnya dalam kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran memerlukan kesesuaian dengan media pembelajaran, dimana media pembelajaran lah yang menyesuaikan untuk materi yang ada.

Materi ajar, merupakan bagian yang kerap sekali membutuhkan desain seperti media yang ditampilkan, tehnik atau metode yang digunakan dalam penyampaian materi, atau strategi guru dalam penyampaian materi.

Dalam kegiatan pembelajaran, materi ajar adalah bagian yang dibutuhkan. Ini tidak bisa dihilangkan. Sebab, bila materi tidak ditentukan, maka pembelajaran tidak dapat dilangsungkan, atau aktivitas semacam ini tidak dapat dikatakan sebagai kegiatan pembelajaran (belajar-mengajar).

4. Sarana/ Media Pembelajaran

Sarana adalah alat belajar yang bersentuhan langsung dengan proses pembelajaran. Sarana dan Prasarana adalah sesuatu yang berbeda, meski saling memiliki keterkaitan. Sarana merupakan bagian yang harus dipenuhi oleh lembaga sekolah.

Sarana juga termasuk dalam media pembelajaran. Meski ini memiliki cakupan yang sangat luas, tetapi faktanya bahwa sarana juga berperan penting sebagai media pembelajaran. Seperti misalnya, beberapa alat tulis di kelas seperti Spidol. Tentu itu akan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran bagi para siswanya.

Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu penyampaian materi pelajaran. Oleh karena itu, ini adalah bagian yang harus disediakan oleh guru sebagai pengantar pembelajaran yang disampaikannya.

Dari berbagai macam bagian yang diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar, maka itu merupakan komponen penting dan harus “ADA” dalam sebuah kelas. Bila tidak, justru itu tidak dapat dikatakan kegiatan pembelajaran (belajar mengajar).

Tinggalkan komentar