Fikih

Qisas

Qisas adalah pemberian hukuman yang setimpal dalam Islam. Qisas salah satu jenis hukum yang diatur dalam Islam. Oleh karenanya, pengaturan …

Update

Qisas adalah pemberian hukuman yang setimpal dalam Islam. Qisas salah satu jenis hukum yang diatur dalam Islam. Oleh karenanya, pengaturan spesifik tentangnya juga dijelaskan menurut syariat Islam.

Halaman ini, akan menjelaskan tentang apa itu Qisas dilengkapi dengan perintah Qisas di dalam Alquran dan Hadis, serta bagaimana penerapannya di zaman jahiliyah. Mari ikuti lebih dalam.

Pengertian Qisas

Qisas merupakan hukuman yang setimpal dan diatur dalam Islam. Dalam hal ini, Qisas diartikan sebagai pemberian hak kepada korban/ keluarga korban untuk meminta balasan yang setimpal. Sebagai contoh, tersangka pembunuhan seseorang. Maka pihak keluarga korban, boleh mengajukan untuk meminta hukuman mati terhadap tersangka.

Dalil Qisas

Adapun mengenai dalil Qisas terdapat dalam Surah Al-Baqarah ayat 178, yang berbunyi sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِصَاصُ فِى الْقَتْلٰىۗ اَلْحُرُّ بِالْحُرِّ وَالْعَبْدُ بِالْعَبْدِ وَالْاُنْثٰى بِالْاُنْثٰىۗ فَمَنْ عُفِيَ لَهٗ مِنْ اَخِيْهِ شَيْءٌ فَاتِّبَاعٌ ۢبِالْمَعْرُوْفِ وَاَدَاۤءٌ اِلَيْهِ بِاِحْسَانٍ ۗ ذٰلِكَ تَخْفِيْفٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَرَحْمَةٌ ۗفَمَنِ اعْتَدٰى بَعْدَ ذٰلِكَ فَلَهٗ عَذَابٌ اَلِيْمٌ – (١٧٨)

Terjemah: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu (melaksanakan) qisas berkenaan dengan orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba sahaya dengan hamba sahaya, perempuan dengan perempuan. Tetapi barangsiapa memperoleh maaf dari saudaranya, hendaklah dia mengikutinya dengan baik, dan membayar diat (tebusan) kepadanya dengan baik (pula). Yang demikian itu adalah keringanan dan rahmat dari Tuhanmu. Barangsiapa melampaui batas setelah itu, maka ia akan mendapat azab yang sangat pedih.

Berkenaan dengan itu, Qisas juga dapat digunakan sebagai penebus atas dosa yang telah diperbuat. Adapun hal ini dijelaskan dalam Alquran Surah Al-Baqarah Ayat 179 yang berbunyi:

وَلَكُمْ فِى الْقِصَاصِ حَيٰوةٌ يّٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ – (١٧٩)

Terjemah: “Dan dalam qisas itu ada (jaminan) kehidupan bagimu, wahai orang-orang yang berakal, agar kamu bertakwa”.

Tinggalkan komentar