2 CMS Blog Terbaik Untuk Membangun Website Anda

Membuat website, kini cukup mudah hanya dengan mengandalkan CMS yang telah beredar. Namun, Anda semestinya menentukan CMS Blog yang akan Anda gunakan dalam blogging.

Berkaitan dengan hal itu, tentu saja Anda membutuhkan pemahaman tentang dasar-dasar dari ini. Maka berikut ini, akan dijelaskan tentang 2 CMS Blog yang kerap sekali digunakan orang dan populer untuk membangun situs web Anda.

CMS Blog WordPress

CMS Blog WordPress adalah CMS yang benar-benar Saya rekomendasikan untuk Anda pembaca. Mengapa? Akan ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan, saat menggunakan CMS yang satu ini.

Beberapa keunggulan CMS Blog WordPress yang dimaksudkan itu, akan diuraikan pada penjelasan berikut ini.

1. Ramah Pengguna

CMS Blog WordPress ini, benar-benar dihadirkan dengan mengandalkan kemudahan bagi pengguna. Dengan menggunakan CMS ini, maka Anda akan terhindar dari yang namanya kode-kode pembangun situs web (meski di sisi lain Anda dapat bekerja dengan kode).

Seperti yang kita ketahui, bahwa membangun situs web tentu saja membutuhkan kode tertentu sebagai back-and dari website Anda, hingga menghadirkan visual yang menarik dalam rendering dan penyajian pada pengunjung.

Namun, dengan menggunakan WordPress, maka Anda akan terhindar dari kode-kode tertentu untuk membangun situs web Anda. Namun ini tidak berlaku sepenuhnya, ketika Anda mulai meningkat satu level, dengan memperhatikan praktik SEO pada situs web Anda. Ini tentunya membutuhkan sedikit modifikasi kode seperti hal yang umum dilakukan orang semacam meta tag untuk halaman Anda.

2. SEO Friendly

Banyak orang yang mengatakan bahwa WordPress itu termasuk SEO Friendly, dan Saya sependapat dengan itu. Meski praktik SEO adalah praktik tambahan dan CMS manapun dapat melakukannya, WordPress tetap menjadi unggulan dalam bahasan ini.

Faktanya, WordPress mengizinkan pengguna untuk merubah tata letak dan tampilan dari permalink yang merupakan salah satu faktor rangking Google.

Ini akan terlihat seperti permalink dengan struktur namablog.com/judul-artikel. Ini sangat menarik, dan tentunya memiliki nilai SEO yang baik. Alasannya sederhana, karena pengunjung akan lebih mudah mengingat URL/ Permalink yang singkat, dan akan memungkinkan mereka untuk kembali ke halaman yang sama.

CMS Blog Blogger

Blogger adalah salah satu CMS Blog yang cukup terkenal karena masa hadirnya yang sudah cukup lama. Seperti yang kita ketahui, bahwa sejak tahun 2000 Blogger sudah mulai eksis di dunia Blogging.

CMS yang satu ini, dihadirkan dengan gratis sepenuhnya. Dengan menggunakannya, Anda akan mendapatkan berbagai layanan penulisan artikel dan menerbitkannya di halaman Blog Anda. Terlebih lagi, disana juga dihadirkan tema-tema yang dapat digunakan dengan bebas.

Tetapi, menggunakan Blogger justru memiliki fitur yang terbatas, ketika Anda mencoba untuk naik satu level lebih tinggi, yaitu menerapkan praktik SEO. Salah satu sorotan Saya adalah bahwa Anda tidak dapat mengakses server atau hosting (yang dalam hal ini adalah Google) untuk melakukan konfigurasi tertentu.

Seperti hal yang umum dalam praktik SEO (salah satu faktor peringkat Google), adalah persoalan Expires Header. Menerapakan Expires Header membutuhkan konfigurasi pada layanan Hosting Anda. Jadi, ketika Anda tidak dapat mengaksesnya, maka tentu saja itu tidak dapat diselesaikan.

Saya mencoba menemukan dari beragam sumber tentang penyelesaian masalah ini, dan mencoba menerapkannya. Beberapa pengkodean ditemukan. Namun sayangnya, itu tidak berhasil sama sekali.

Tetapi, ini tidak selamanya buruk. Anda tetap dapat membuat blog dan menerbitkan artikel disana dengan bebas, dan waktu yang tiada henti kapanpun Anda mau. Jika Anda hanyalah seorang yang menghabiskan waktu dengan hobi menulis Anda, maka Blogger adalah alat yang nyaris tanpa biaya (Gratis), dan dapat digunakan kapanpun ia dibutuhkan.

Tinggalkan komentar