ilustrasi_ciri_ciri_guru_milenial

Guru

Ciri-Ciri Guru Milenial: Bagian Penting Untuk Guru 4.0

Guru milenial adalah istilah yang belakangan ini muncul dan ramai dibicarakan. Milenial berarti generasi Y yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000an. Itu artinya, masyarakat yang tergolong usia muda saat ini merupakan golongan milenial.

Jika anda saat ini berprofesi sebagai guru, maka tentu saja anda disebut sebagai guru milenial, karena anda hidup di era milenial itu.

ciri_ciri_guru_milenial

Tetapi, ada beberapa ciri-ciri guru milenial yang semestinya anda ketahui, sebagai bekal melangsungkan kegiatan belajar mengajar anda di sekolah. Beberapa hal itu akan diulas lebih dalam melalui halaman ini. Mari ikuti lebih jauh.

1. Tentang Guru Milenial

Guru Milenial adalah guru yang mengajar di masa/ era milenial, dimana itu ditandai dengan maraknya teknologi yang lahir di tahun itu.

Saat ini, tergolong ke dalam era milenial. Maka guru yang ada pada saat ini adalah guru milenial. Generasi milenial dikategorikan sebagai orang yang tahun kelahirannya berkisar di tahun 1980 hingga 2000-an. Maka, bila lahir di tahun diantara itu, tergolong sebagai generasi milenial saat ini.

Guru Milenial harusnya lebih mendalami berbagai hal seputar teknologi, karena ia lahir di masa itu, dan kehidupannya berhadapan dengan berbagai teknologi itu. Ini mencakup banyak hal seperti handphone, internet, komputer/ laptop, atau jenis teknologi lainnya.

Semestinya, tidak harus menjadi seorang yang pakar dalam segala bidang itu. Melainkan, paling tidak mengetahui beberapa hal yang terkait tentangnya, meski pada bagian yang mendasar.

Hal ini membuat kesimpulan bahwa Guru tidak lagi beracuan inti pada teori-teori masa lalu. Semestinya lebih mendalami dan menjangkau luas teori-teori yang lebih baru/ pembaruan, agar guru milenial semakin dirasakan.

2. Ciri-Ciri Guru Milenial

Ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri guru milenial sejauh pengamatan kami. Tetapi, ciri yang akan diuraikan berikut ini bukanlah terbatas pada apa yang tertuliskan, melainkan ia dapat juga ditambah dengan item-item lainnya yang lebih disesuaikan.

Namun sebagai bahan pertimbangan, mungkin bagian ini dapat dikaji lebih umum. Beberapa hal yang dimaksudkan itu akan diuraikan secara jelas dalam bagian berikut ini.

2. 1. Mengerti Akan Teknologi

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa anda tidak perlu untuk mahir dibidang Ilmu Teknologi. Tetapi paling tidak, anda mengerti akan hal itu meski sebagian darinya.

Mengerti teknologi merupakan hal yang wajib anda ketahui untuk hidup di era milenial bila ingin berkelanjutan. Mengapa? Pasalnya, hari ini begitu banyak teknologi yang lahir dan berada di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Bagaimana mungkin anda tidak mengerti persoalan teknologi itu bukan? Itu akan membuat anda semakin tertinggal untuk hidup di masa mendatang.

2. 2. Memiliki Handphone

Handphone adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia di masa sekarang ini. Pasalnya, segala aktivitas manusia atau kebutuhan manusia dipengaruhi oleh handphone.

Contoh sederhana dalam hal ini adalah persoalan kebutuhan sehari-hari seperti makan. Saat ini, persoalan makan saja sudah Delivery (pesanan) dan itu dilakukan melalui Handphone saja.

Ini juga mempengaruhi persoalan pelaksanaan tugas dari guru, seperti berkirim file, dan masih banyak lagi. Handphone dapat mengatasi ini menjadi lebih mudah, dan guru dituntut untuk lebih mampu menggunakan Handphone mereka. Jadi, memiliki handphone merupakan bagian penting dan termasuk dalam ciri-ciri guru milenial.

2. 3. Memiliki Laptop

Laptop adalah alat yang canggih untuk mendukung setiap pekerjaan manusia. Seperti tugas-tugas yang dalam bentuk file. Ini sangat sering terjadi bagi berbagai profesi seperti guru.

Sering sekali kita mendapati tugas yang harus diselesaikan, seperti pembuatan RPP, Silabus, dan lain sebagainya. Semuanya itu dikerjakan dengan teknologi, dan bukan dengan mesin ketik tempo dulu.

Jadi, guru semestinya memiliki Handphone agar dapat mendukung pekerjaan mereka.

2. 4. Memiliki Kenderaan Pribadi

Seperti yang kita ketahui, kenderaan pribadi sudah sangatlah ramai diberbagai daerah. Tidak bermaksud menyudutkan pihak sebalik dari keterangan ini, tetapi paling tidak di era milenial ini guru memiliki kenderaan pribadi untuk mendukung ia bekerja.

Mengapa bagian ini dimuat? Itu karena di beberapa lembaga, saya melihat bahwa banyak guru yang memiliki kenderaan pribadi mereka.

2. 5. Menggunakan Wewangian

Wewangian adalah istilah yang tidak asing lagi ditelinga kita. Setiap orang menggunakannya, biasanya untuk keperluan keluar rumah. Ini termasuk saat mereka bepergian ke kantor/ tempat ia bekerja.

Tidak terlepas dengan guru, semestinya menggunakan wewangian saat ia mengajar adalah bagian yang dinilai penting. Menggunakan wewangian saat mengajar, adalah opsi terbaik untuk menjalankan Kurikulum Tersembunyi dalam diri seorang guru.

Beberapa pejelasan tentang ciri-ciri guru milenial di atas, adalah bagian yang sifatnya umum. Hal itu bisa saja ditambahi, atau bahkan dikurangi. Pada intinya, guru milenial harusnya mengikuti perkembangan zaman, karena mereka hidup di masa yang berbeda.

Teori-teori juga perlu pembaruan, agar pendidikan tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya dan tidak hilang ditelan zaman (teknologi).

Tinggalkan komentar