Cara Cek DA PA Blog dan Penjelasan Terbaru 2022

Sering kali kita mendengar tentang istilah DA atau PA Blog. Disini, kita akan mengulas lebih dalam tentang cara cek DA PA Blog. Namun sebelum jauh kesana, semestinya kita memahami terlebih dahulu tentang pemahaman dasar dari DA PA Blog itu sendiri, agar dalam praktiknya tidak salah kaprah.

Halaman ini akan menjelaskan kepada Anda tentang:

  • Apa itu DA PA Blog
  • Berbagai Tools Cek DA PA Blog
  • Cara Cek DA PA Blog
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Apa Itu DA PA Blog

DA PA Blog adalah istilah yang sering sekali kita dengar, atau diperdengarkan kepada kita dalam sebuah forum tertentu misalnya. Namun, sebagai blogger pemula tentu saja istilah ini masih baru bagi kita. Tenang. Istilah ini bukanlah istilah yang sulit dipahami lagi, ketika Anda menyelesaikan halaman ini.

Pertanyaan besar yang mendasar adalah tentang apa itu DA PA Blog. Ini memiliki dua istilah, yaitu DA dan PA. Keduanya adalah istilah yang berdiri sendiri. DA merupakan singkatan dari Domain Authority (DA), sedang PA adalah Page Authority (PA). Hal yang perlu disadari, bahwa DA atau PA adalah istilah yang digunakan oleh alat pengembang pihak ke-tiga. Artinya, Google tidak memiliki fitur untuk menilai ini.

Domain Authority (DA) merupakan keterpercayaan domain dalam hasil penelusuran (SERPs). Ukurannya dalam bentuk Angka, dari 0-100. Tingkat keterpercayaan domain dengan nilai yang lebih besar, adalah menempati nilai terbaik (berlaku sebaliknya).

Sebagai contoh, ketika Anda mendapati angka Domain Authority (DA) pada hasil cek Blog yang dilakukan memberikan angka 30, maka Domain Authority (DA) pada Domain Anda tergolong baik. Lebih tinggi lagi, maka tentu lebih baik lagi.

Hal ini sejalan dengan Page Authority (PA) yang juga dalam ukuran angka dari 0-100. Ketika Anda menemui angka 50 pada Page Authority (PA) blog Anda, maka itu memberikan arti halaman anda dinilai 50 poin. Pada umumnya, ini tergolong baik.

Domain Authority (DA) lebih mengarah pada domain Anda sendiri. Sedang Page Authority (PA) diarahkan pada halaman yang dirender. Ini menjadi alasan, terkadang setiap halaman yang ada memiliki nilai Page Authority (PA) yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dan itu hal yang wajar.

Berbagai Tools Cek DA PA Blog

Ada banyak sekali layanan (Tools) yang dapat digunakan secara bebas untuk mengukur tingkat Domain Authority (DA) atau Page Authority (PA) situs Blog Anda. Namun, ada beberapa layanan yang umum digunakan kebanyakan orang, dan Anda harus mengetahui itu. Beberapa diantaranya yakni:

1. Moz

Moz adalah layanan yang menyediakan berbagai alat pengecekan, salah satunya yaitu Cek DA PA Blog Anda. Dengan menggunakan layanan mereka, Anda dapat menggunakannya secara gratis dan membutuhkan sebuah akun disana.

2. Websiteseochacker

Websiteseochacker adalah sebuah layanan yang menyediakan fitur cek DA PA Blog dengan gratis. Meski tanpa membuat akun sekalipun, Anda dapat menggunakan layanan mereka dengan bebas.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, Anda dapat membuka tautan ini, dan akan diarahkan pada halaman Cek DA PA yang tersedia. Namun, Anda semestinya memahami berbagai hasil dari pengecekan yang dilakukan disana, seperti Spam Score (SS), Quality Backlink (QB), Alexa Rank (Alexa), dan lain sebagainya.

Cara Cek DA PA Blog

Mari kita tentukan layanan pihak ketiga yang akan digunakan dalam melakukan cek DA PA Blog. Kita menentukan satu pilihan, yaitu Websiteseochacker. Buka halaman Cek DA PA mereka, dan input URL situs blog Anda.

  • Buka websiteseochecker.com/domain-authority-checker/
  • Gunakan domain yang ingin di cek (maksimal 3)
  • Pilih kotak Captcha (dan selesaikan)
  • Pilih cek

Langkah di atas, akan membuat pengecekan berlangsung secara otomatis. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan disini, selain menunggu hasil cek berlangsung dan ditampilkan.

Tinggalkan komentar