ilustrasi_penelitian_tindakan_kelas

PTK

Cara Menemukan Masalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Materi ini, akan mengulas tentang bagaimana cara menemukan masalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Masalah, adalah pokok bahasan yang paling inti dan terkadang kerap sekali diantara kita kebingungan untuk menemukan dan memutuskan tentang masalah yang akan kita ambil untuk dijadikan bahan penelitian.[1]

Mari kita simak penjelasan lebih dalam.

Memahami Makna Masalah PTK

Hal mendasar yang perlu diketahui adalah tentang memahami makna dari masalah dalam sebuah penelitian tindakan kelas. Masalah yang akan dimuat itu jauh berbeda dengan jenis penelitian lainnya seperti kualitatif, atau bahkan kuantitatif.

Seluruhnya memiliki variabel yang berbeda, dan PTK tidak sama dengan itu semua. Oleh karena itu, penting bagi peneliti untuk memahami makna masalah dalam penelitian tindakan kelas (PTK).

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah jenis penelitian yang mengandung aksi dalam aktivitas penelitiannya. Maksudnya adalah ada “Action” yang dilakukan seorang peneliti terhadap objek penelitiannya.

Tentu saja, hal ini adalah bagian yang paling menjadi pembeda untuk jenis penelitian lainnya seperti kualitatif dan kuantitatif. Keduanya itu tidak mengandung aksi dalam penelitiannya. Artinya, peneliti hanya mengungkap tentang hasil penelitian mereka, dan tidak ada upaya untuk memperbaikinya.

Berbeda dengan PTK, yang memiliki aksi dimana peneliti membuktikan secara ilmiah tentang sebuah teori tertentu lewat aksi yang dilakukannya sendiri.

Jadi, masalah dalam PTK identik dengan kelas (tidak terbatas pada ruang kelas), hasil belajar, sebuah konsep teori untuk meningkatkan pelajaran, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang menjadi bagian penting untuk diketahui, agar dapat mengungkap masalah di lokasi penelitian terget yang akan dilakukan.

Cara Menemukan Masalah Penelitian Tindakan Kelas

Berikut ini, kami susun beberapa daftar tentang cara menemukan masalah penelitian tindakan kelas. Beberapa langkah berikut ini, merupakan panduan spesifik untuk dapat menemukan masalah penelitian. Mari ikuti panduannya.

1. Lihat Hasil Belajar

Hasil belajar adalah objek kajian yang sangat umum bagi penelitian tindakan kelas. Sudah banyak sekali penelitian jenis ini yang mengungkap permasalahan melalui hasil belajar siswa. Tetapi tidak ada yang salah dengan itu. Semuanya sah-sah saja.

Langkah yang dinilai praktis untuk menemukan masalah penelitian tindakan kelas adalah dengan mengetahui hasil evaluasi siswa. Anda dapat menemukannya diberbagai tempat seperti Rapor siswa, atau daftar nilai dari guru bidang studi tertentu.

Jika anda menemukan hasil evaluasi yang dibawah standart (sesuai dengan dasar teori yang anda ketahui), maka ini adalah masalah. Artinya, ada kesenjangan antara teori dengan hasil lapangan. Kesenjangan, adalah sebuah masalah.

References and Footnotes

  1. Reza Noprial Lubis

Tinggalkan komentar