anchor_text

Blogging

Cara Membuat Anchor Text: Dilengkapi Tools Yang Sering Digunakan

Anchor text merupakan teks yang disipi tautan (tautan yang disembunyikan dalam visual teks) yang mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu setuai dengan yang dibuat. Tahukah anda tentang bagaimana cara membuat anchor text di halaman blog anda? Ada beberapa tahapan dalam membuat anchor text ini, dengan memperhatikan beberapa tag pemanggil yang dapat dimengerti oleh mesin pencari.

Anchor Text sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan branding atau keyword tertentu. Dengan anchor text, memungkinkan pengguna untuk menuliskan keyword sekaligus Backlink mereka dalam sebuah link yang aktif. Lantas, bagaimana cara membuat anchor text itu?

Apa Itu Anchor Text

Anchor Text adalah Teks yang disipi berisi tautan dengan tampilan visual berupa teks tertulis. Artinya, ada sebagain teks yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain (baik internal maupun eksternal) dengan cara di-klik.

Jadi, ketika anda melihat sebuah teks yang berisi link (dapat mengarahkan anda ke halaman yang berbeda), maka itu dinamakan sebagai anchor text.

Umumnya, orang-orang menggunakan anchor teks sebagai penambah informasi dari sebuah istilah yang membutuhkan penjelasan lebih jauh.

Cara Membuat Anchor Text

Semestinya, ini bukanlah sebuah pekerjaan yang rumit. Cukup mudah untuk membuat sebuah anchor text bila anda menggunakan CMS yang mendukung (sepertinya semua CMS mendukung). Terkecuali bila anda menuliskan code secara manual, maka itu perlu ketelitian lebih baik.

Langkah yang digunakan untuk membuat anchor text adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Link

Pertama, anda seharusnya menentukan terlebih dahulu tentang link mana yang akan diberikan anchor text. Setelah anda menentukan itu, maka akan mempermudah pengerjaan selanjutnya. Siapkan link tersebut pada lembaran baru agar mudah mengambilnya.

2. Tentukan Keyword

Salah satu alasan orang banyak memilih anchor text adalah karena faktor SEO. Itu karena teks yang berisi tautan dipandanga bernilai. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang mengutamakan untuk istilah yang mengandung keyword, dan menggunakan LINK disana. Ini tentunya dapat membantu memberi penilaian terhadap halaman dan keyword anda.

3. Ketahui Kode HTML

Untuk membuat anchor text dalam halaman anda, maka anda harus memasukkan beberapa kode berupa tag sebagai penanda untuk Google yang akan ditautkan dengan Link yang dibuat.

Kode yang dimaksud seperti di bawah ini:

<a href="https://domain-anda.com">Keyword Anda</a>

Pada bagian contoh di atas, maka anda akan melihat beberapa kode tambahan yang disediakan. Itu seperti:

  1. <a>, merupakan kode pendek untuk menandakan adanya sebuah Link. Maka, bila anda membuat tag <a>, itu sudah pasti merupakan pembungkus link. Oleh karena itu, harus ditautkan dengan href.
  2. href, adalah penanda untuk alamat URL dari sebuah link yang ada di halaman.
  3. Keyword Anda, silahkan sesuaikan dengan kata kunci yang anda inginkan untuk diterbitkan.

Setiap kode di atas, tentunya membutuhkan tag penutup. Maka jangan sampai lupa untuk menutup berbagai tag yang terbuka.

Pada bagian url, anda dapat juga menggunakan URL dari halaman postingan anda, dan menentukan keyword yang sesuai dengannya. Langkah ini sangatlah praktis, namun terkadang kesalahan dalam input kode bisa membatalkan hasil anchor text yang mengarah ke Link. Jadi perhatikan itu.

Tools Yang Sering Saya Gunakan

Ada sebuah Tools yang kerap sekali saya gunakan dalam menenukan Link dan Keyword untuk optimasi lebih lanjut pada halaman website, yaitu Linkio. Situs web yang satu ini, menawarkan Tools untuk mempermudah anda dalam menemukan keyword yang sesuai untuk setiap anchor text anda.

Disana, juga akan diberikan beberapa saran yang sesuai tentang istilah-istilah yang sering muncul dalam hasil pencarian. Jadi, anda bisa memanfaatkan itu untuk membuat Link anda.

Dari pengalaman pengunaannya, saya rasa mereka mengambil kata atau istilah yang sering muncul dalam pencarian Google. Itu disusun dalam berbagai kategori sehingga anda jauh lebih mudah menemukan istilah yang relevan dengan keyword anda.

Sifatnya generator, dimana mereka meminta anda untuk menentukan keyword yang diinginkan disertai dengan nama brend yang diinginkan pula. Jadi, ini dapat dijadikan untuk mengoptimalkan berbagai Link anda, baik internal link maupun eksternal link. Semuanya bergantung pada penggunaan anda.

Tinggalkan komentar