ilustrasi_instal_plugin_wordpress

WordPress

Cara Instal Plugin di WordPress Blog

Plugin adalah bagian tambahan untuk sebauah blog di WordPress. Berikut ini, anda akan mengetahui tentang cara instal plugin di WordPress Blog.

Plugin merupakan bagian yang paling menarik dari blog WordPress. Itu karena, ada banyak sekali plugin di dalam Directory WordPress yang berguna bagi anda. Ini sangat membantu untuk melengkapi kebutuhan dan fungsionalitas situs blog anda.

Sekilas Tentang Plugin WordPress

Plugin adalah bagian yang paling menarik dari situs web dengan basis CMS WordPress. Ada banyak sekali plugin yang tersedia dalam directory WordPress sendiri. Tidak hanya melalui Online, anda juga akan dapat menggunakannya melalui OFFLINE (Localhost). Jadi, ini sangat berguna.

Plugin yang disediakan juga beragam. Itu semua disesuaikan dengan fungsionalitas situs web anda. Tentang apa situs web anda, kebutuhan apa yang anda inginkan, dan masih banyak lagi.

Plugin itu dimaksudkan untuk melengkapi penggunaan WordPress anda, tanpa harus bersentuhan langsung dengan kode-kode tertentu. Jadi, ini jauh lebih mudah digunakan, meski anda tidak berlatar belakang tehnik dan tidak mengerti seputar Coding.

Cara Instal Plugin di WordPress Blog

Menginstal plugin di WordPress bukanlah sesautu yang sulit. Dengan melihat antarmuka dashboard WordPress, anda mungkin dapat menggunakannya dengan sederhana. Berikut ini cara instal plugin di WordPress Blog.

1. Login di WordPress

Anda harus login terlebih dahulu di halaman WordPress admin anda. Silahkan masukkan Email dan Kata Sandi anda untuk masuk ke WordPress anda.

2. Pilih menu Plugin > Tambah Baru

Saat ini, anda berada dalam directory WordPress, yang memperlihatkan kepada anda tentang betapa banyaknya plugin yang tersedia disana. Anda juga dapat menambahkan file plugin eksternal dengan cara Upload (unggah) Plugin pada bagian atas. Bila sudah menemukan plugin yang diinginkan, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menginstalnya.

menambahkan_plugin_wordpress

3. Instal Plugin

Setelah anda menentukan plugin yang ingin diinstal, maka selanjutnya anda harus menginstalnya. Yang perlu dilakukan hanyalah menekan tombol INSTAL pada bagian plugin yang diinginkan.

cara_instal_plugin_di_wordperss

Setelahnya, maka plugin akan terinstal pada WordPress anda. Anda dapat melakukan konfigurasi dari plugin yang baru saja diinstal. Temukan itu pada bagian Sidebar WordPress Admin anda.


Setelah anda melakukan instalasi Plugin, maka anda dapat menggunakannya dengan mengikuti konfigurasi yang disediakan (bila tersedia). Anda juga dapat melihat informasi yang lebih detail tentang plugin itu melalui dokumentasi yang disediakan.

Tinggalkan komentar