mesin_mobil

Otomotif

Bunyi Tek Tek di Mesin Mobil Suzuki Escudo

Apakah anda pernah mendengar bunyi tek tek di mesin mobil? Hampir setahun lamanya saya mengalami hal itu. Waktu itu cukup lama bukan?

Anehnya, saya beberapa kali mencoba mendatangi Bengkel Resmi di sekitar lokasi tempat tinggal saya, seluruhnya tidak menemukan masalah yang benar-benar menjadi sumber suara “TEK-TEK” itu. Bagaimana saya mengatasinya? Mari ikuti selengkapnya.

Bunyi Tek Tek di Mesin Mobil

Hal ini memang adalah hal yang kerap terjadi, terlebih lagi bagi kenderaan mobil yang sudah terbilang tidak muda lagi. Bunyi suara Tek Tek yang dimaksudkan disini berasal dari Kap Mesin, atau dari ruang mesin bila didengarkan dengan telinga.

Pada beberapa waktu yang lalu, saya mengalami hal ini dan sudah berlangsung selama satu tahun lamanya tidak terselesaikan. Beruntungnya saya, tidak terjadi hal apapun selain dari itu yang membahayakan. Saya sempat berpikir, bahwa ini berasal dari ruang mesin dan dapat mengganggu bagian lainnya. Tetapi sepanjang ini, saya merasa tidak memiliki pengaruh yang berarti.

bunyi_tek_tek_di_mesin_mobil_suzuki_escudo

Adapun bila mesin mengeluarkan suara Tek Tek, terkadang performa mesin menjadi menurun. Suara kasar itu membuat anda merasa tidak percaya diri saat berada dikerumunan kenderaan lainnya.

Bila diamati secara sekilas, mesin tampak seperti bergemetar sedikit, dan terkesan PINCANG. Istilah ini mungkin tidak asing lagi. Tetapi, setelah satu tahun mengalami hal ini dan mencoba mendiagnosa permasalahannya, akhir-akhir ini barulah semua itu teratasi dengan baik.

Cara Saya Mengatasi Bunyi Tek Tek di Mesin Mobil Suzuki Escudo

Seperti yang telah saya terangkan sebelumnya, bahwa setahun lamanya sudah berkelana ke Bengkel-bengkel tertentu untuk melakukan diagnosa tentang permasalahan yang terjadi pada Kap Mesin mobil saya yang bersuara kasar itu.

Tetapi, semua diagnosa itu masih membingungkan mekanik itu sendiri. Saya tidak mengerti, apakah saya yang salah tempat atau memang masalah ini jarang dialami oleh orang-orang.

Beberapa mekanik dari Bengkel yang saya kunjungi, memberikan berbagai kemungkinan yang terjadi seperti:

  • Oli Kurang
  • Rantai Temeng
  • Setelan Klep

Ketiga kemungkinan itu adalah hal yang paling sering diberitahukan mekanik dari berbagai tempat yang saya datangi. Tetapi, saya tidak terburu-buru untuk melakukan pergantian komponen.

Sempat mencoba untuk setelan klep. Namun hasilnya nihil. Semua masih tetap seperti biasanya (bersuara kasar).

Akhirnya, saya menemukan sebuah mekanik yang dapat menyelesaikan persoalan ini.

Sebenarnya, pada hari sebelumnya saya mengalami masalah pada mobil escudo saya, yang saat itu sedang mogok karena kesalahan bahan bakar. Lalu kemudian mekanik melakukan Scanning terhadap berbagai sensor computer yang ada pada mobil, dan menemukan sebuah sensor yang dinilai tidak berfungsi. Akhirnya diganti.

Kami mencoba untuk menurunkan Ruang Tangki Bensin, dan membersihkan sisa-sisa bahan bakar yang salah tadi, lalu kemudian memasukkannya kembali. Mobilpun berhasil hidup kembali. Tetapi, sang mekanik mencoba untuk melihat ruang mesin dan mendengar suara kasar yang terjadi.

Setelah melakukan cek terhadap busi, ia menilai bahwa itu masih layak pakai dan masih menjepritkan api yang tinggi. Tetapi, ia memeriksa SOKET dari BUSI yang ada, dan ternyata salah satu alirannya sempat terputus.

Saya tidak mengerti lebih jauh tentang ini, tetapi itulah yang dilakukannya. Ia mencoba untuk membongkar SOKET BUSI, dan menyambungkan satu buah kabel yang terputus dengan SOLDER.

…dan hasilnya adalah…

Bunyi TEK TEK di Mesin Mobil Suzuki Escudo hilang seketika. Akhirnya, saya merasakan performa yang kembali seperti dahulu kala. Kini tidak merasa khawatir lagi bila memacu kenderaan dalam lintasan yang bebas hambaran.

Kesimpulan

Dalam kasus saya, permasalahan terjadi pada aliran arus dari SOKET BUSI yang terputus pada satu kabel. Ini diselesaikan dengan menyambungkannya kembali menggunakan SOLDER. Penyebab mesin mobil pincang dalam kasus saya adalah SOKET yang tidak sebagai mana mestinya.

Tinggalkan komentar