Setting Permalink WordPress: Dasar Membangun Blog 2021

Blogging

Jadi, halaman ini akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana mengarut/ setting permalink WordPress. Ini tergolong penting bagi Anda. Beberapa hal yang akan dibahas disini seperti;

  • Apa itu permalink
  • Mengapa ini penting
  • Bagaimana setting permalink WordPress
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini hingga usai.

Apa Itu Permalink WordPress

Permalink adalah singkatan dari permanent link yang merupakan identitas dari setiap halaman yang diterbitkan dalam halaman WordPress.

Setiap halaman blog, tentu memiliki permalink agar ia dapat ditemukan oleh pengguna atau pengunjung.

Jadi, ketika Anda menerbitkan sebuah konten, baik itu dalam post, maupun dalam laman, itu memiliki permalink tersendiri.

Permalink ini pada dasarnya sesuatu yang default. Artinya, Anda dapat menerapkan custom, dan dapat juga digunakan secara otomatis mengikuti pada judul halaman Anda.

Bentuknya beragam, ada yang menyusipkan tanggal (waktu) di dalamnya seperti layaknya Blogspot, ada juga yang menggunakan URL halaman postingan, ada juga yang menggunakan kategori tertentu, lalu dibarengi dengan URL post-nya.

Jadi dalam pemahaman ini, permalink dimaksudkan adalah permanen link yang ada pada setiap halaman di WordPress.

Mengapa Ini Penting

Mengapa permalink begitu penting?

Sadar atau tidak, permalink itu dimunculkan dalam sebuah hasil pencarian. Itu artinya, mesin pencari seperti Google, mampu merayapi ini sebagai informasi bagi mereka, dan menampilkannya pada hasil pencarian.

Jadi, ketika itu ditampilkan dalam hasil pencarian, sudah pasti itu sesuatu hal yang pokok dalam praktik SEO (meski sebagian orang tidak mengulas ini lebih jauh).

Ketika crawler menjalankan tugasnya, yakni merayapi beragam situs web yang mereka temui, maka itu mengambil permalink sebagai bagian informasi dari mereka.

Dengan begitu, dari sini mereka dapat mengelompokkan sebuah artikel, untuk kategori tertentu. Tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa ini tidak penting.

Setting Permalink WordPress

Jadi, selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah tentang bagaimana setting permalink WordPress itu.

WordPress adalah CMS yang masuk dalam kategori SEO Friendly. Artinya, orang-orang akan jauh lebih mudah untuk mengoptimalkannya.

Menggunakan WordPress, Anda dapat dengan mudah melakukan custom pada permalink ini. Jadi, mari kita mulai.

1. Pergi ke Setting – Permalink

Dalam dashboard WordPress Anda, menujulah ke menu Setting, lalu Permalink. Disana, akan menampilkan beberapa menu yang dapat digunakan dengan baik.

Anda dapat memilih, tentang bagaimana permalink Anda ditampilkan.

2. Setting Permalink

Dalam kasus Saya, menggunakan Kategori adalah pilihan Saya. Jadi, yang Saya lakukan adalah mengaktifkan tombol Struktur Tersesuai, dan menambahkan Kategori serta Postname disana.

Langkah ini akan menghasilkan kategori pada setiap artikel yang Saya terbitkan. Lihatlah bagaimana permalink halaman ini. Itu menunjukkan kategori, sebelum URL dari Post.

Sebagai opsi standar, Saya menyarankan Anda menggunakan permalink “Nama Tulisan”. Ini akan membuat halaman Anda, hanya berisi URL dari artikel Anda saja (tanpa kategori).

Bila Anda lebih suka pengoptimalan dengan kerja keras yang cukup ekstra, langkah Saya mungkin dapat dijadikan referensi. Gunakan kategori disana. Tapi ingat, bahwa ini akan menambah beban kerja Anda, karena akan lebih sering menggunakan layanan pengalihan (redirect).

Mana Permalink Yang SEO

Dari kedua langkah di atas, maka dapatlah tergambar pada Anda, tentang bagaimana permalink itu dihasilkan.

Umumnya, orang-orang menggunakan single permalink, maksudnya adalah hanya halaman URL mereka saja.

Sedangkan beberapa yang lainnya, mereka menggunakan Kategori disana (termasuk Saya).

Manakah yang lebih SEO diantara keduanya?

Saya mengatakan bahwa ini lebih dekat dengan logika. Saya menggunakan Kategori, karena Saya merasa itu berarti bagi mesin pencari, dan pengunjung. Mereka tidak akan berada dalam halaman yang keliru, ketika mereka mempelajari sesuatu.

Tetapi, bila Anda hanya membahas kategori lebih sedikit, dan keseluruhannya relefan, tehnik Permalink Single dapat dijadikan pilihan.

Selain penggunaannya yang sederhana, tentu tidak akan membutuhkan kinerja ekstra bagi Anda.

Mengapa? Karena, setiap kali Anda berencana untuk mengubah kategori dalam halaman Anda, itu tidak akan terpengaruh.

Sebaliknya, ketika URL seperti yang Saya terapkan dalam halaman ini diganti (kategori), maka URL juga tentunya akan diganti. Hasilnya, itu akan menjadi sesuatu yang tidak terindex (membutuhkan waktu untuk indexing ulang).

Jadi, itu kembali lagi kepada bagaimana halaman Anda dibahas. Ketika itu hanya membahas satu topik, menggunakan keduanya menjadi pilihan Anda, meski Saya lebih menyarankan penggunaan Permalink Single dengan alasan penggunaan yang mudah.

Tapi jika kategori yang Anda bahas memiliki banyak penyajian artikel, maka apa yang Saya lakukan, mungkin dapat diikuti, meski membutuhkan pekerjaan yang lebih Ekstra dan hati-hati.

Kesimpulan

Permalink adalah Permanent Link yang ada pada setiap halaman di WordPress. Mengganti bagian darinya, akan mempengaruhi Indexing Anda.

Sebaiknya, perdalam pemahaman tentang indexing, karena ini sepenuhnya berpengaruh terhadap Indexing Anda.

Terlepas tentang bagaimana permalink Anda ditampilkan, apakah itu berisi Path atau tidak, itu bergantung pada Anda.

Saya lebih menyukai untuk mengelompokkannya pada kategori, dan menggunakan katerogi dalam URL Saya, dalam upaya pengoptimalan.

Bagaimana menurut Anda? Jangan sungkan untuk menanyakan sesuatu dalam kolom komentar.

Tinggalkan komentar