pengertian_evaluasi_menurut_para_ahli

Evaluasi Dalam Kegiatan Sehari-hari

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli-Kali ini saya ingin membahas tentang pengertian evaluasi. Bila dikaji, setiap saat dan setiap kegiatan yang kita lakukan, pasti senantiasa kita melakukan evaluasi. Hanya saja, kegiatan evaluasi yang dimaksudkan itu tidak dilakukan secara terstruktur.

Contohnya begini:

Anda pergi ke kampus jam 7, dan akhirnya sampai di kampus jam 8 dan dalam keadaan terlambat masuk ke ruang kelas.

Disela-sela itu, keesokan harinya biasanya anda tidak ingin terlambat lagi bukan? Nah, anda pasti memikirkan apa hal yang membuat anda terlambat, dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebut saja jalan keluar yang anda lakukan adalah keesokan harinya anda akan datang lebih cepat lagi. Atau, anda akan menaiki kenderaan pribadi supaya lebih cepat sampainya. Atau, anda memilih jalan alternatif lain untuk menghindari kemacetan.

Beberapa contoh di atas itu merupakan bagian dari evaluasi yang kita lakukan sehari-hari. Namun, kegiatan itu tidak dilakukan secara terstruktur.

Semoga dari sini dapat dipahami ya.. Hehe

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Evaluasi Menurut Neliwati

Evaluasi adalah suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu. Evaluasi dalam pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses dalam usaha untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan akan perlu tidaknya memperbaiki system pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ditetapkan (Neliwati, 2015: 75).

Evaluasi Menurut Arikunto

Suharsim Arikunto mengajukan tiga istilah dalam pembahasan ini, yaitu pengukuran, penilaian dan evaluasi.Pengukuran (measurement) adalah membandingkan sesuau dengan suatu ukuran.Pengukuran ini bersifat kuantitatif.Penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk secara kualitatif.Sedangkan evaluasi adalah mencakup pengukuran dan penilaian secara kuantitatif (Arikunto, 2012: 3).

Evaluasi pendidikan memiliki makna luas, namun pada awalnya pengertianevaluasi pendidikan selalu dikaitkan dengan prestasi belajar siswa. Definisi yang pertama dikembangkan oleh RalphTyler (1950). Ahli ini mengatakan bahwa evaluasi merupakan sebuat proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan sebabnya (Arikunto, 2012: 3).

Evaluasi Menurut Nana Sudjana

Evaluasi atau penilaian menurut Nana Sudjana diartikan sebagai proses menentukan nilai suatu objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupkan tema penilaian atau evaluasi yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu (Sudjana, 2009: 3).

Daftar Bacaan

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

Neliwati dan Farida Jaya, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Medan: TP, 2015).

Komentar